Rabu 05 Apr 2023 03:31 WIB

Jakpro: Sirkuit Ancol untuk Balapan Formula E 2023 Sudah Siap

Jakarta E-Prix 2023 berlangsung selama dua hari pada 3-4 Juni 2023.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Erik Purnama Putra
Pembalap tim Mercedes EQ Formula E Team Stoffel Vandoorne memacu mobilnya pada balapan Formula E seri kesembilan Jakarta E-Prix 2022 di Sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, DKI Jakarta Utara, Sabtu (4/6/2022).
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Pembalap tim Mercedes EQ Formula E Team Stoffel Vandoorne memacu mobilnya pada balapan Formula E seri kesembilan Jakarta E-Prix 2022 di Sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, DKI Jakarta Utara, Sabtu (4/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kondisi Sirkuit Ancol, Jakarta Utara, untuk perhelatan Formula E pada 3-4 Juni 2023, dalam kondisi sudah siap. Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Iwan Takwin mengatakan, kondisi Sirkuit Formula E 2023 hingga saat ini tidak ada kendala.

Menurut dia, sudah ada penilaian dari perwakilan Formula E Operation (FEO) yang telah dua kali meninjau sirkuit tersebut. Karena itu, balapan mobil listrik musim kedua di Indonesia bisa segera dilaksanakan di Sirkuit Ancol.

"Kondisi sirkuit alhamdulillah sudah dua kali dikunjungi FEO. Menurut mereka (FEO) sudah siap dan tidak ada kendala," kata Iwan dalam rapat pembahasan dengan Komisi B terkait Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur DKI Jakarta tahun 2022 di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat pada Selasa (4/4/2023).

Dia menerangkan, meski begitu, terdapat beberapa bagian yang perlu dirapikan, yaitu pengecatan ulang di pagar area sirkuit. "Pagar karena sudah setahun lebih ada kondisi cat yang tidak fresh lagi akan kita cat ulang, ada beberapa area di sekitar sirkuit karena tidak pernah disentuh, kemudian tanaman-tanaman tidak teratur kita rapikan," kata Iwan.

PT Jakpro mengatakan, acara Formula E atau Jakarta E-Prix 2023 di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, sudah semakin dekat. Pihaknya perlu melakukan perawatan, pemeliharaan, hingga perbaikan kecil yang sebenarnya udah dilaksanakan sejak tahun lalu.

"Secara intensif terus berkomunikasi dan berkordinasi dengan Pihak Formula E Operation (FEO), penyelenggara global Formula E. Terutama terkait hal-hal teknis maupun peforma sirkuit agar tetap memiliki standar FEO," kata Iwan.

Maka dari itu, Jakpro mengapresiasi FEO karena telah mempercayakan Jakarta E-Prix 2023 agar melangsungkan balapan mobil listrik selama dua hari atau dua seri. Hal itu merupakan tantangan sekaligus kesempatan untuk membuktikan Jakarta dan Indonesia bisa menampilkan event internasional dengan baik dan lancar.

"Pada bulan Januari lalu tim FEO telah berkunjung ke Sirkuit JIEC dan FEO mengakui bahwa track tetap layak dan sesuai standar balapan Formula E," kata Iwan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement