Ahad 26 Mar 2023 21:07 WIB

Presiden CBF: Ancelotti ke Timnas Brasil Bukan Hal yang Mustahil

CBF belum menjalin kontak apa pun dengan Ancelotti untuk menangani timnas Brasil.

Pelatih kepala Real Madrid Carlo Ancelotti jadi sosok yang diinginkan CBF untuk menangani timnas Brasil.
Foto: EPA-EFE/CATI CLADERA
Pelatih kepala Real Madrid Carlo Ancelotti jadi sosok yang diinginkan CBF untuk menangani timnas Brasil.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGIER -- Pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti akan menjadi pilihan yang jelas untuk mengisi posisi manajerial Brasil yang lowong jika ia tersedia pada akhir musim kompetisi Eropa, kata Presiden Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) Ednaldo Rodrigues kepada Reuters.

Rodrigues mengakui, pelatih asal Italia berusia 63 tahun itu adalah target utama dan favorit semua orang untuk menangani Brasil. Selecao ditinggal Tite yang pergi setelah Brasol disingkirkan Kroasia pada perempat final Piala Dunia 2022.

Baca Juga

"Ancelotti sangat dihormati di antara para pemain. Tidak hanya Ronaldo Nazario atau Vinicius Jr, tetapi semua pemain yang pernah bermain untuknya," kata Rodrigues kepada Reuters dalam sebuah wawancara eksklusif.

"Saya sangat mengaguminya karena kejujurannya dalam bekerja dan betapa konstan pekerjaannya. Dia tidak perlu diperkenalkan. Dia benar-benar pelatih top yang memiliki beberapa prestasi dan kami berharap dia bisa mendapatkan lebih banyak lagi."

Ancelotti menjadi salah satu topik utama pembicaraan minggu ini di ruang ganti Brasil menjelang pertandingan persahabatan melawan Maroko pada Ahad (26/3/2023) dini hari WIB. Beberapa pemain Brasil seperti Vinicius Jr, Ederson, Rodrygo, dan Casemiro memuji pelatih asal Italia itu. Namun menurut Rodrigues, demam Ancelotti juga telah menjangkiti Brasil.

"Ancelotti tidak hanya menjadi favorit para pemain, tetapi juga para penggemar," ujar Rodrigues. "Ke mana pun saya pergi di Brasil, di setiap stadion, dia adalah nama pertama yang ditanyakan oleh para pendukung kepada saya.

"Mereka membicarakannya dengan cara yang sangat mesra, sebagai pengakuan atas kerja keras yang telah ia lakukan dalam kariernya.

"Mari kita percaya kepada Tuhan, menunggu waktu yang tepat dan kita lihat saja apakah kita bisa mewujudkannya saat kita mencari pelatih baru tim nasional Brasil."

Meskipun memuji pelatih asal Italia tersebut, Rodrigues menegaskan bahwa Brasil harus berhati-hati untuk menghormati proses yang sedang berjalan karena Ancelotti masih terikat kontrak dengan Real Madrid hingga 2024.

Dia mengatakan bahwa sejauh ini tidak ada kontak atau pendekatan formal yang dilakukan oleh CBF kepada Ancelotti atau sosok lain. Mereka akan mulai berbicara dengan para kandidat pada pertengahan April dengan tujuan untuk mengumumkan pelatih baru mereka pada akhir Mei.

Ide Rodrigues adalah untuk memiliki staf baru sebelum jeda internasional berikutnya di bulan Juni sehingga manajer dapat memilih skuad dan menjalani debutnya.

"Kami akan sangat beretika dalam melakukan pendekatan dan menghormati kontrak yang ada. Kami juga sangat menghormati pekerjaan yang dilakukan oleh pelatih mana pun dan klubnya untuk sampai ke sana dan melakukan pendekatan apa pun, itu akan menjadi kurangnya rasa hormat kepada presiden klub yang bersangkutan," kata Rodrigues.

Jose Mourinho dari AS Roma atau Jorge Jesus dari Fenerbahce juga dipandang sebagai kandidat oleh CBF. Di antara kandidat-kandidat dari Brasil, Fernando Diniz dari Fluminense merupakan salah satu yang paling difavoritkan.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement