Sabtu 25 Mar 2023 08:20 WIB

Aguero: Messi Mesti Akhiri Karier di Barcelona

Usia kontrak Messi di PSG kurang dari 100 hari lagi.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Kapten timnas Argentina Lionel Messi.
Foto: AP Photo/Natacha Pisarenko
Kapten timnas Argentina Lionel Messi.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Mantan rekan Lionel Messi di Barcelona dan timnas Argentina, Sergio Aguero, menilai, selalu terbuka kemungkinan buat Messi kembali ke Barcelona. Eks penyerang Manchester City tersebut bahkan menyarankan Messi untuk mengakhiri karier sebagai pesepakbola profesional di Blaugrana.

Kembali membela Barcelona kabarnya menjadi salah satu opsi yang muncul buat pemain berjuluk La Pulga tersebut terkait kelanjutan kiprahnya di pentas sepak bola profesional pada musim panas mendatang. Maklum, pemain dengan koleksi Ballon d'Or terbanyak sepanjang sejarah itu tidak kunjung menandatangani kontrak baru bersama Paris Saint Germain (PSG).

Baca Juga

Kala didatangkan dengan status free transfer pada awal musim 2020/2021 silam, Messi dilaporkan mendapatkan bayaran sebesar 35 juta euro per musim dengan durasi kontrak selama dua tahun. Kontrak pemain berusia 35 tahun itu bersama Les Parissiens pun akan habis pada akhir musim ini.

Sebelumnya, Messi sempat menyatakan akan mengambil keputusan terkait kelanjutan kiprahnya bersama PSG pasca membela Argentina di gelaran Piala Dunia 2022. Namun, hingga saat ini, belum ada kabar resmi terkait perpanjangan kontrak Messi bersama PSG.

Aguero pun menilai, peluang Messi untuk kembali bergabung bersama Barcelona sama besarnya dengan kemungkinan La Pulga meneken kontrak baru buat PSG. Kendati begitu, eks penyerang Atletico Madrid itu berharap, Messi untuk bisa hijrah ke Blaugrana dan menutup kariernya di pentas sepak bola profesional di klub asal Katalan tersebut.

''Rasanya, ada 50 persen peluang Messi kembali ke Barcelona. Leo (Messi) harus pensiun di Barca. Barcelona adalah rumahnya, dia harus mengakhiri kariernya di sana,'' ujar Aguero dalam sebuah wawancara di akun platform media sosial milik eks bek tengah Barcelona, Gerard Pique, seperti dilansir Goal International, Sabtu (25/3/2023).

Aguero pun menyebut, peluang Messi untuk kembali ke Barcelona akan lebih besar apabila Presiden Barcelona, Joan Laporta, mengambil langkah strategis. Langkah tersebut berupa tawaran dari Laporta kepada Messi.

''Jika presiden Laporta mengambil langka, saya kira, kemungkinan kembalinya Messi ke Barcelona akan semakin besar,'' kata Aguero, yang gantung sepatu pada 2021 silam lantaran didiagnosis mengalami kelainan detak jantung tersebut.

Nama Barcelona memang tidak bisa begitu saja dilepaskan dari perjalanan karier Messi. Pengoleksi tujuh gelar Ballon d'Or itu merenda nama besar bersama Blaugrana. Direkrut Blaugrana pada 2000 dan terus menghuni tim junior Blaugrana, Messi akhirnya dipercaya tampil bersama tim utama Blaugrana pada 2004.

Selain rekor sebagai pemain dengan jumlah penampilan terbanyak, Messi juga masih tercatat sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Blaugrana. Selama 17 musim memperkuat tim utama Blaugrana, Messi mempersembahkan 10 titel La Liga, tujuh gelar juara Copa del Rey, dan empat trofi Liga Champions.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement