Puan Tetapkan RUU PPRT Jadi Usul Inisiatif DPR

RUU PPRT sudah masuk dalam daftar RUU prioritas di 2023

Selasa , 21 Mar 2023, 13:53 WIB
DPR resmi menetapkan rancangan undang-undang (RUU) tentang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (PPRT) menjadi usul inisiatif DPR. Penetapannya dilaksanakan dalam  rapat paripurna ke-19 Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2022-2023.
Foto: Republika/Prayogi.
DPR resmi menetapkan rancangan undang-undang (RUU) tentang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (PPRT) menjadi usul inisiatif DPR. Penetapannya dilaksanakan dalam rapat paripurna ke-19 Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2022-2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- DPR resmi menetapkan rancangan undang-undang (RUU) tentang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (PPRT) menjadi usul inisiatif DPR. Penetapannya dilaksanakan dalam  rapat paripurna ke-19 Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2022-2023.

"Sembilan fraksi telah menyampaikan pendapat fraksinya masing-masing (secara tertulis). Kini saatnya kami menanyakan kepada sidang dewan, apakah RUU usul inisiatif Baleg DPR RI tentang PPRT dapat disahkan jadi undang-undang usul DPR RI?" tanya Ketua DPR Puan Maharani dijawab setuju oleh anggota DPR yang hadir, Selasa (21/3).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan Menteri Hukum dan HAM dan Menteri Ketenagakerjaan berkoordinasi dan berkonsultasi dengan DPR serta seluruh stakeholder untuk mempercepat penetapan RUU PPRT. Saat ini, RUU PPRT sudah masuk dalam daftar RUU prioritas di 2023 dan akan menjadi inisiatif DPR.

“Untuk mempercepat penetapan UU PPRT ini, saya perintahkan kepada Menteri Hukum dan HAM dan Menteri Ketenagakerjaan untuk segera melakukan koordinasi dan konsultasi dengan DPR dan dengan semua stakeholder,” ujar Jokowi dalam keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (18/1/2023).

Jokowi menegaskan, pemerintah berkomitmen dan berupaya keras memberikan perlindungan terhadap pekerja rumah tangga. Jumlah pekerja rumah tangga di Indonesia saat ini diperkirakan mencapai empat juta jiwa dan mereka rentan kehilangan hak-haknya sebagai pekerja.

Sudah lebih dari 19 tahun Rancangan UU tentang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (RUU PPRT) belum disahkan. Selain itu, hukum ketenagakerjaan di Indonesia saat ini tidak secara khusus dan tegas mengatur tentang pekerja rumah tangga. Karena itu, Jokowi berharap UU PPRT ini bisa segera ditetapkan dan bisa memberikan perlindungan yang lebih baik bagi pekerja rumah tangga, pemberi kerja, dan juga kepada penyalur kerja.

“Saya berharap UU PPRT bisa segera ditetapkan dan memberikan perlindungan yang lebih baik bagi pekerja rumah tangga dan kepada pemberi kerja, serta kepada penyalur kerja,” ujar Jokowi.

Ia menegaskan, pemerintah ingin memiliki payung hukum yang lebih kuat untuk para pekerja rumah tangga yang rentan kehilangan hak-haknya sebagai pekerja.

“Karena dalam prakteknya memang pekerja rumah tangga ini rentan kehilangan hak-haknya. Dan sudah sekian tahun. Saya rasa ini waktunya untuk kita memiliki UU PPRT,” tambah dia.