Selasa 21 Feb 2023 21:54 WIB

Giatkan Ibadah Sepanjang Syaban untuk Sambut Ramadhan

Umat Islam semakin maksimal ibadah untuk membiasakan diri banyak ibadah di Ramadhan.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Erdy Nasrul
Menggiatkan ibadah sejak Syaban untuk terus sampai akhir Ramadhan.
Foto: ANTARA/Makna Zaezar
Menggiatkan ibadah sejak Syaban untuk terus sampai akhir Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan Sya'ban menjadi penanda semakin dekatnya bulan suci Ramadhan, bulan penuh berkah. Untuk menyambutnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mendorong umat Muslim untuk mempersiapkan jasmani dan rohaninya.

Sekretaris Komisi Dakwah MUI, Chandra Krisna Jaya, menyebut kekuatan jasmani berpengaruh dalam melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan secara sempurna. Rangkaian ibadah selama Ramadhan ini membutuhkan kesehatan jasmani untuk bisa melaksanakannya dengan baik.

Baca Juga

“Seperti misalnya, kita berpuasa dalam kondisi yang sehat, fisik yang prima. Tentunya juga setelah berpuasa malamnya ada shalat tarawih, shalat qiyamul lail, apakah ditambah lagi dengan shalat tahajud,” ujarnya dikutip di laman resmi MUI, Senin (20/2/2023).

Tidak hanya itu, ia juga menjelaskan mengenai kesehatan rohani. Hal ini bertujuan agar umat Islam tidak terganggu akibat segala macam dosa yang bisa berefek kepada jasmani.

Ustaz Candra mengungkapkan, orang-orang yang rohaninya bermasalah sering ditemukan, bahkan bisa sampai mengalami gangguan jiwa. “Nah ini akibat rohani yang sakit. Maka persiapan di bulan Sya’ban ini, yakni kesehatan jasmani dan rohani harus dimatangkan,” ucap dia.

Ia pun mengungkapkan keutamaan bulan Sya'ban dan tiga amalan yang bisa dilakukan umat Islam. Keutamaan Sya'ban sangat luar biasa, seperti hadits mashur yang banyak diketahui.

Dalam sebuah hadits disebut Nabi Muhammad SAW menjelaskan:

للَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَان

Allahumma barik lana fi rajaba wa sya’bana wa balighna Ramadhana.

“Ya Allah, berkailah umur kami di bulan Rajab dan Sya’ban, serta sampaikanlah (umur) kami hingga Ramadhan.”

“Fadilah Sya'ban ini kalau menurut riwayat literatur yang kita temukan, memang beda antara Sya'ban dengan bulan-bulan lainnya, di antaranya Nabi kita Muhammad SAW paling banyak berpuasa pada Syaban,’’ katanya.

Untuk itu, salah satu amalan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan pada Sya'ban ini adalah berpuasa. Dalam berbagai Riwayat yang ditemukan, Ustadz Candra mengatakan Nabi SAW banyak sekali melakukan puasa Syaban, selain berpuasa pada Ramadhan.

Berpuasa di bulan Syaban bisa juga dianggap sebagai sarana latihan berpuasa agar tidak kaget dengan rutinitas berpuasa Ramadhan. Apabila seseorang rajin berpuasa Senin-Kamis, insya Allah tidak akan terkejut ketika Ramadhan tiba.

“Maka dari itu, kita bisa ambil hikmah keutamaannya dari Sya'ban ini adalah bulan ibadah. Selain dari Ramadhan, selain perbanyak ibadah, perbanyak puasa, dan juga memperbanyak amal-amal saleh yang banyak," lanjutnya.

Berdasarkan kitab-kitab hadits, amalan yang paling utama yang dilakukan umat Islam pada Sya'ban saat ini juga adalah berpuasa. Puasa berarti menahan hawa nafsu dari hal-hal yang diharamkan Allah SWT, hingga terjaga dari sifat-sifat dan perilaku yang dimurkai Allah SWT.

Ustaz Candra menambahkan, amalan selain berpuasa yang bisa dilakukan umat Islam adalah memperbanyak dzikir dan membaca Alquran. Menurutnya, amalan berpuasa, memperbanyak dzikir, serta membaca Alquran merupakan amalan pada Syaban yang juga dilakuka para ulama.

"Mulai dari sahabat, bahkan para masyayikh yang ada di Makkah ketika Ramadhan menjadikan bulan itu sebagai syahrul quran, yang artinya selama Sya'ban itu kita memperbanyak berinteraksi dengan Alquran. Lebih intens lagi dari segi kuantitas dan kualitas kita dengan Alquran pada Sya'ban ini dibanding dengan bulan-bulan lainnya," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement