Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ade Setiawan

DPKP Pandeglang Gencarkan Vaksinasi PMK Bagi Hewan Ternak

Info Terkini | Friday, 10 Feb 2023, 21:59 WIB
Sekretaris DPKP Pandeglang Uun Junandar, SP., MM memberikan arahan kepada para vaksinator terkait optimalisasi percepatan vaksinasi PMK di Kabupaten Pandeglang, Jumat (10/02/2023)***

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) bakal lebih menggencarkan pelaksanaan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) bagi hewan ternak pada TA. 2023

Untuk kebutuhan vaksinasi tersebut, DPKP Pandeglang melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) telah mengajukan vaksin PMK kepada Dinas Pertanian Provinsi Banten sebanyak 4000 dosis.

“Kita harus usahakan program (vaksinasi) ini lebih cepat dilaksanakan oleh para vaksinator yang telah ditunjuk oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pandeglang,” ujar Sekretaris DPKP Pandeglang Uun Junandar, SP., MM saat memimpin rapat pertemuan optimalisasi pelaksanaan vaksinasi PMK di Aula LT.2 DPKP Pandeglang, Jumat (10/02/2023).

Hadir sebagai peserta undangan dalam kegiatan tersebut para petugas vaksinator percepatan penanganan penyakit mulut dan kuku sebanyak 35 orang.

Ia menyampaikan, vaksinasi PMK ini merupakan salah satu tindakan yang dilakukan dalam rangka pencegahan dan pengendalian PMK melalui penguatan kekebalan pada hewan ternak seperti kerbau, domba, sapi dan kambing yang rentan PMK.

Uun Junandar, SP., MM mengungkapkan, Pemkab Pandeglang juga telah membentuk satgas tugas (satgas) penanganan PMK tingkat Kabupaten Pandeglang.

Untuk itu dirinya meminta para petugas vaksinator di lapangan untuk melakukan kerjasama dan berkolaborasi dengan satgas PMK ditingkat kecamatan baik koramil, polsek maupun bersama babinsa dan babinkantibmas agar tujuan sasaran dan target vaksin PMK yang telah ditetapkan dapat tercapai secara maksimal.

“Para petugas vaksinator maupun medik veteriner dan paramedik veteriner harus bekerja secara tim di wilayah kerja masing-masing dan berkoordinasi dengan satgas yang ada kecamatan maupun desa dan kelurahan agar target vaksin PMK bisa tercapai,” imbuhnya.

Baca juga : Pemkab Pandeglang Gelar Rakor Satgas Penanganan PMK

Kepala Bidang Peternakan Dan Kesehatan Hewan (PKH) DPKP Pandeglang Wahyu Widayanti mengatakan, berdasarkan Surat Keputusan Bupati Pandeglang Nomor 524.05/Kep.426 - Huk/2022 tanggal 17 November 2022 tentang Satuan Tugas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku di Kabupaten Pandeglang, diperlukan optimalisasi dalam percepatan penanganannya terutama vaksinasi PMK pada Tahun Anggaran 2023.

“Rapat koordinasi petugas vaksinator dilakukan dalam rangka penanganan, pengendalian dan penanggulangan PMK melalui vaksinasi pada hewan ternak,” ujarnya.

Untuk mencapai target vaksin PMK sebanyak 4000 dosis pada tahun 2023, Kepala DPKP Pandeglang sudah menetapkan dan menunjuk para vaksinator sebanyak 35 orang yang terbagi dalam 5 tim kerja untuk melaksanakan tugas di 35 kecamatan yang ada di Kabupaten Pandeglang.

“Melalui vaksinasi ini kita harapkan dapat membantu mencegah penyebarluasan penyakit, terutama di wilayah padat ternak dan wilayah sumber bibit ternak,” katanya. (Ade Setiawan)***

Artikel terkait : DPKP Pandeglang Lakukan Pendataan Ternak Gunakan Aplikasi Identik PKH

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image