Kamis 09 Feb 2023 14:35 WIB

Cara Kerja Mesin Pencari Microsoft yang Didukung Kecerdasan Buatan

Bing didukung teknologi kecerdasan buatan yang mendukung chatbot ChatGPT.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Selain Bing baru, Microsoft meluncurkan dua fitur yang disempurnakan AI untuk browser Edge-nya,
Foto: EPA-EFE/CAROLINE BREHMAN
Selain Bing baru, Microsoft meluncurkan dua fitur yang disempurnakan AI untuk browser Edge-nya,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Microsoft telah mengumumkan versi baru dari mesin pencarinya Bing. Bing didukung teknologi AI, yang mendukung chatbot ChatGPT. Perusahaan ini meluncurkan produk bersama fitur-fitur baru yang disempurnakan AI untuk browser Edge-nya, dengaa menjanjikan keduanya memberikan pengalaman baru menjelajahi web dan menemukan informasi secara daring.

“Ini adalah babak baru dalam pencarian. Perlombaan dimulai hari ini, dan kami akan bergerak dan bergerak cepat,” kata CEO Microsoft Satya Nadella di acara pengumuman produk dilansir The Verge, Kamis (9/2/2023).

Baca Juga

Dalam demo, perusahaan menunjukkan apa yang disebutnya "Bing baru" yang bekerja dalam berbagai konfigurasi. Salah satunya menunjukkan hasil pencarian tradisional berdampingan dengan anotasi AI, sementara mode lain memungkinkan pengguna berbicara langsung ke chatbot Bing, dengan mengajukan pertanyaan di antarmuka obrolan seperti ChatGPT.

Microsoft mengatakan semua fitur ini didukung versi GPT 3.5 yang ditingkatkan, yaitu model bahasa AI OpenAI yang mendukung ChatGPT. Microsoft menyebut ini "Model Prometheus" dan mengatakan itu lebih kuat daripada GPT 3.5, dan lebih mampu menjawab permintaan pencarian dengan informasi terkini dan jawaban beranotasi.

Selain Bing baru, Microsoft meluncurkan dua fitur yang disempurnakan AI untuk browser Edge-nya, "chat" dan "compose." Ini akan disematkan di sidebar Edge. "Chat" memungkinkan pengguna meringkas halaman web atau dokumen yang mereka lihat dan mengajukan pertanyaan tentang isinya. “Compose" bertindak sebagai asisten penulisan, yang membantu menghasilkan teks, dari email hingga unggahan media sosial, berdasarkan beberapa petunjuk awal.

Sejak ChatGPT diluncurkan di web pada November lalu, minat terhadap pembuatan teks AI meledak. Microsoft, yang telah bermitra erat dengan pembuat ChatGPT OpenAI, berusaha memanfaatkan kegembiraan ini. Peluncuran ChatGPT dilaporkan memicu "kode merah" di dalam raksasa pencarian Google.

Dalam upaya untuk mendahului pengumuman Microsoft, Google meluncurkan ChatGPT-nya sendiri bernama Bard. CEO Sundar Pichai menggambarkan perangkat lunak itu sebagai "layanan AI percakapan eksperimental" tetapi mencatat Bard masih diuji oleh sekelompok kecil pengguna.

Bagaimana teknologi ini akan sejalan dengan metode pencarian informasi daring yang ada, dan apa yang terjadi jika membuat kesalahan? Bahasa AI seperti ChatGPT memiliki kecenderungan yang terdokumentasi dengan baik untuk menyajikan informasi palsu sebagai fakta.

Meskipun para peneliti telah memperingatkan tentang masalah ini selama bertahun-tahun, ada banyak sekali contoh kesalahan yang dihasilkan AI sejak ChatGPT diluncurkan di web, mulai dari chatbot yang mengarang detail biografi tentang orang sungguhan hingga mengarang makalah akademis dan menawarkan nasihat medis yang berbahaya.

Namun, kebodohan AI semacam ini sudah menjadi masalah. Munculnya chatbot telah menimbulkan perhatian baru untuk masalah ini, tetapi Google semakin sering menggunakan AI untuk meringkas halaman web selama bertahun-tahun. Ini telah menyebabkan beberapa kesalahan profil.

Microsoft mereferensikan ini dalam presentasinya, dengan mengatakan bahwa mereka telah bekerja keras untuk melindungi dari risiko seperti bias dan jailbreaking (mengelabui chatbot AI untuk mengabaikan filter yang dimaksudkan untuk mencegah mereka menghasilkan konten berbahaya atau penuh kebencian). “Dengan produk ini, kami telah melangkah lebih jauh dari sebelumnya untuk mengembangkan pendekatan pengukuran untuk mitigasi risiko,” kata pimpinan AI yang bertanggung jawab untuk Azure, Sarah Bird.

Antarmuka untuk Bing baru menyertakan peringatan kepada pengguna, “Ayo belajar bersama. Bing didukung oleh AI, jadi kejutan dan kesalahan mungkin terjadi. Pastikan untuk memeriksa faktanya, dan bagikan umpan balik agar kami dapat belajar dan meningkatkan.” 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement