Kamis 09 Feb 2023 05:41 WIB

Bandara Husein Sastranegara Diminta Buka Penerbangan Internasional Kembali

Wali Kota Bandung sudah mengirimkan surat permohonan dua kali kepada pemerintah pusat

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto
Anggota Komisi 1 DPR RI dari Fraksi NasDem Muhammad Farhan.
Foto: Istimewa
Anggota Komisi 1 DPR RI dari Fraksi NasDem Muhammad Farhan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Muhammad Farhan politisi Partai Nasdem mendesak pemerintah untuk membuka penerbangan internasional kembali di Bandara Husein Sastranegara. Sebab, jika terlalu lama ditutup maka potensi wisatawan asing datang ke Bandung akan berkurang.

"Saya khawatir jika dibiarkan (ditutup), Kota Bandung akan hilang dari tujuan wisatawan mancanegara," ujar anggota DPR RI daerah pemilihan Kota Bandung dan Cimahi melalui keterangan resmi yang diterima, Rabu (8/2/2023).

Sejak penerbangan internasional ditutup, Farhan mengatakan wisatawan asing yang hendak ke Bandung harus menempuh jalur transit. Para wisatawan harus transit di bandara luar kota Bandung dengan waktu tempuh lebih dari dua jam.

Dia mengatakan, rute penerbangan internasional yang langsung menuju Kota Bandung akan memudahkan dan memberi kenyamanan bagi wisatawan asing. Apabila rute penerbangan internasional dibiarkan ditutup maka Kota Bandung akan semakin dilupakan wisatawan asing.

"Nanti wisatawan yang biasa belanja garmen akses langsung ke Pasar Baru Bandung, malah ke Pasar Tanah Abang Jakarta," katanya.

Farhan mengatakan, selama bandara Husein Sastranegars tidak membuka penerbangan internasional maka pendapatan asli daerah pun akan berkurang. Dia mengatakan, kunci pariwisata yang maju diantaranya akses yang mudah, aman dan terjangkau.

Dia menilai, TNI AU sebagai pemilik kewenangan di bandara Husein sangat membuka diri termasuk Angkasa Pura dan lainnya. Oleh karena itu, diperlukan keputusan politik yang cepat dan tegas dari Kementerian Perhubungan khususnya yaitu Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.

Pemkot Bandung berharap, Bandara Husein Sastranegara dapat kembali membuka penerbangan internasional setelah kebijakan penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dicabut. Mereka sudah melayangkan surat permohonan pembukaan kembali penerbangan ke pemerintah pusat.

"Kami sangat berharap Bandara Husein dibuka untuk penerbangan internasional kembali. Jadi seperti Singapura dan Malaysia bisa langsung berkunjung ke Kota Bandung jadi bisa menambah lagi kalo misalkan dibuka kami sangat  berharap dibuka kembali," ujar Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Irwan Irawan di Balai Kota Bandung, Rabu (4/1/2023).

Dia menuturkan, Wali Kota Bandung sudah mengirimkan surat permohonan dua kali kepada pemerintah pusat agar penerbangan internasional di Bandara Husein Sastranegara dibuka kembali. Apabila dibuka, infrastruktur pendukung pariwisata sudah siap di Kota Bandung.

"Kalau kesiapannya seperti infrakstruktur, alhamdulilah kalau hotel sudah siap seperti sarana dan prasarana, kita sering ngobrol dengan juga PHRI dan ASITA karena mereka juga menginginkan Bandara Husein untuk dibuka kembali, banyak paket wisata yang akan disiapkan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement