Rabu 08 Feb 2023 18:48 WIB

Shin Tae-yong Kecewa Marselino dan Ronaldo Kwateh Pergi tanpa Kabar

Shin lebih senang para pemain itu ke luar negeri usai gelaran Piala Dunia U-20 2023.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Indonesia U-20 Shin Tae-yong (kiri) memberikan instruksi kepada pemain saat memimpin latihan di Lapangan C Senayan, Jakarta, Rabu (8/2/2023). Timnas U-20 menjalani pemusatan latihan jelang kejuaraan Piala Asia U-20 2023.
Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Pelatih timnas Indonesia U-20 Shin Tae-yong (kiri) memberikan instruksi kepada pemain saat memimpin latihan di Lapangan C Senayan, Jakarta, Rabu (8/2/2023). Timnas U-20 menjalani pemusatan latihan jelang kejuaraan Piala Asia U-20 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong kecewa dengan keputusan Marselino Ferdinan untuk bergabung dengan klub Belgia, KMSK Deinze dan Ronaldo Kwateh ke Turki tanpa berkomunikasi dengannya. Shin mengaku kehilangan karena Marselino dan Ronaldo merupakan salah satu pemain yang diproyeksikan sebagai pemain inti timnas U-20 Indonesia.

"Memang tidak ada laporan detail tentang kontrak Marselino seperti apa. Saya fokus ke Piala Dunia U-20 tahun ini jadi mulai dari kemarin-kemarin memang sengaja menggunakan Marselino dan Ronaldo di skuad U-23 juga senior, juga untuk Piala Dunia U-20," kata Shin usai memimpin latihan di Lapangan C Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (8/2/2023).

Baca Juga

Marselino dan Ronaldo termasuk di antara sembilan pemain yang belum bergabung dengan pemusatan latihan (TC) timnas U-20 Indonesia. Pelatih asal Korea Selatan itu mengungkapkan jika Marselino dan Ronaldo berkomunikasi dengannya terlebih dahulu, ia akan menyarankan kedua pemain tersebut untuk berkarier di luar negeri setelah gelaran Piala Dunia U-20 2023.

"Saya ingin buat (mereka) jadi tim inti untuk skuad Piala Dunia U-20, tapi begitu pergi tanpa diskusi dengan pelatih kepala timnas Indonesia, dengan saya dan dengan PSSI. Seharusnya Marselino bisa saja ke luar negeri setelah Piala Dunia U-20 selesai," kata Shin. "Pastinya harga dia akan berbeda setelah Piala Dunia U-20 selesai.

Apalagi, lanjut Shin, musim kompetisi Eropa baru mau mulai di bulan-bulan itu juga. "Jujur saya belum tahu harga dia di tim sekarang berapa. Tapi sayang saja kesempatannya hilang untuk menjadi lebih baik untuk dapatkan tim yang lebih baik dari sekarang harusnya setelah Piala Dunia selesai," ujarnya menambahkan.

Senada dengan itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan telah berbicara kepada para pemain untuk bersabar dengan ambisinya bermain di luar negeri. Menurutnya, dengan tampil baik di kejuaraan internasional seperti Piala Dunia U-20, nantinya pasti ada banyak tawaran kepada pemain untuk bermain di luar.

"Saya sampaikan kepada anak-anak, sabar dulu untuk bermain di luar. Nanti dengan mereka bermain baik di Piala Dunia nanti klub luar akan ambil mereka, itu yang saya harapkan," kata Iriawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement