Selasa 07 Feb 2023 11:38 WIB

Hari Hijab Sedunia, Apa Artinya Bagi Wanita Muslim?

Banyak Muslimah menjadi sasaran pelecehan dan diskriminasi karena memakai hijab.

Rep: Mabruroh/ Red: Erdy Nasrul
Muslimah berhijab di London, Inggris.
Foto: AP
Muslimah berhijab di London, Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — Selama bertahun-tahun jilbab telah digunakan sebagai umpan utama bagi media yang tertarik memberitakan fenomena tersebut. Konsep hijab telah dibahas secara luas selama beberapa dekade, oleh wanita Muslim, kelompok feminis, dan xenofobia yang menolak memahami mengapa seorang wanita ingin menutupi kepalanya. 

Dengan meningkatnya diskriminasi terhadap jilbab, aktivis perempuan Nazma Khan memutuskan sesuatu yang perlu dilakukan untuk membawa narasi yang lebih positif ke depan, yakni dengan konsep Hari Hijab Sedunia.

Baca Juga

“Saya mendirikan World Hijab Day pada tahun 2013 setelah menyadari bahwa saya bukan satu-satunya yang menghadapi diskriminasi karena mengenakan hijab,” kata penggagas World Hijab Day, Nazma Khan dilansir dari New Arab, Selasa (7/2/2023).

Menurutnya, masih banyak Muslimah menjadi sasaran pelecehan dan diskriminasi karena memakai hijab. Oleh karena itu, hatinya tergerak untuk membantu, paling tidak, meringankan situasi mereka dengan membawa kesadaran yang lebih besar tentang hijab dan mempromosikan kebebasan pribadi untuk berekspresi beragama. 

“Jadi, saya meminta wanita dari setiap latar belakang dan kepercayaan untuk mengenakan jilbab pada tanggal 1 Februari setiap tahun sebagai solidaritas dengan wanita Muslim di seluruh dunia,” ujar Nazma.

Nazma, seorang imigran Bangladesh yang datang ke Amerika pada usia muda, mengenang bagaimana tinggal dan tumbuh di New York sebagai minoritas. “Saya menghadapi banyak diskriminasi, baik secara verbal maupun fisik karena mengenakan jilbab di sekolah dan universitas. Di sekolah, siswa sering mengejek dan menghina saya dengan memanggil saya dengan nama seperti 'batman', 'ninja', dan 'Bunda Teresa'.”

Namun, setelah serangan 9/11, yang menyebabkan eskalasi pelecehan seperti yang Nazma jelaskan: "Saya dikejar di jalanan dan dicap sebagai teroris dan Osama bin Laden, hanya karena terlihat seperti wanita Muslim. 

Terlepas dari tantangannya, Nazma mengaitkan banyaknya wanita kuat dalam keluarganya, sebagai inspirasi dan kekuatannya. “Saat tumbuh dewasa, saya melihat ibu, nenek, bibi, dan saudara perempuan saya mengenakan pakaian luar panjang yang indah yang dikenal sebagai abaya . Mereka juga akan menutupi kepala mereka dengan hijab.

“Ketika mereka melewati saya, saya akan sangat kagum. Saya merasa seolah-olah ratu melewati saya. Bagi saya, mereka terlihat cantik, terhormat, dan feminin. Saya selalu ingin tampil cantik seperti mereka, jadi saya memutuskan untuk memakai hijab juga,” ungkapnya.

“Dan saya mencoba yang terbaik untuk membawa diri saya secara terhormat dan anggun, seperti wanita cantik di keluarga saya,” tambahnya.

Hari ini, Hari Hijab Sedunia dirayakan di seluruh dunia oleh wanita Muslim dan non-Muslim. Nazma, mengungkapkan bahwa tujuan masa depan kami adalah mengatasi Islamofobia di lingkungan perusahaan dan lembaga pendidikan dengan menyediakan lokakarya keragaman dan inklusi tentang budaya Muslim.

“Ketika Anda melakukan sesuatu yang bermanfaat, Anda akan menghadapi tentangan. Itulah indahnya melakukan sesuatu yang berarti. Kita tidak bisa membiarkan kebencian menghancurkan semangat kita dan mengalihkan kita dari membuat dunia ini menjadi tempat yang lebih baik,” ujar dia.

Hafsa Issa-Salwe, salah satu pendiri klinik kesehatan dan kulit naturopati Botanical Mission membahas perjalanan hijabnya sendiri:

“Saya mulai mengenakan jilbab di akhir masa remaja saya setelah melakukan perjalanan yang mengubah hidup ke UEA pada tahun 2008 selama Ramadhan,” katanya kepada The New Arab.

Ia mengenakan hijab selama sebulan penuh, sholat tarawih di mesjid dan berhubungan dengan orang yang ia cintai. Itu juga tahun dimana dia mulai sholat secara konsisten dan untuk belajar lebih banyak.

“Teman-teman saya sangat berpengaruh. Mereka memberi saya rasa kebersamaan sehingga saya tidak merasa sendirian. Mereka tahu toko mana yang harus dikunjungi, apa yang akan dikenakan, dan mereka menghubungkan saya dengan semua tip dan trik mereka,” tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement