Selasa 07 Feb 2023 12:26 WIB

ChatGPT dan Bing Segera Terintegrasi, Google Tamat?

ChatGPT dilaporkan segera terintegrasi dengan mesin pencari Microsoft bernama Bing.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
ChatGPT dilaporkan akan terintegrasi dengan mesin pencari milik Microsoft bernama Bing/ilustrasi.
Foto: AP Photo/Swayne B. Hall, File
ChatGPT dilaporkan akan terintegrasi dengan mesin pencari milik Microsoft bernama Bing/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Awal pekan ini, ChatGPT dilaporkan akan terintegrasi dengan mesin pencari milik Microsoft bernama Bing. Owen Yin, salah satu pengguna yang memiliki akses sementara ke "Bing baru”, melihat versi awal dari integrasi ChatGPT ke dalam Bing.

ChatGPT telah mengalami peningkatan pesat sejak pertama kali diluncurkan beberapa bulan yang lalu di November 2022. Chabot menjadi "aplikasi dengan pertumbuhan tercepat sepanjang masa".

Baca Juga

Namun, apakah ChatGPT benar-benar siap untuk meningkatkan pencarian, sehingga mampu menggantikan Google, dan menjadi hal besar berikutnya? Mungkin terlalu dini untuk menyatakan hal tersebut. Berikut beberapa alasannya, seperti dikutip dari Onmsft, Selasa (7/2/2023).

1.Masalah dasar dengan bias dan informasi yang salah

Berdasarkan pengalaman pengguna, AI chatbot sudah menunjukkan tanda-tanda bias. Itu juga rentan terhadap kesalahan aritmatika dasar.

Jadi, meskipun sangat bagus dalam menghasilkan teks percakapan, kemampuan untuk menghasilkan jawaban yang terdengar seperti manusia untuk pertanyaan topik umum, masih sering bias. Sehingga dinilai, masih menjadi jalan panjang bagi ChatGPT menjadi mesin pencari utama.

 

2. Kedekatan dan masalah model pembelajaran

GPT-3 dan model bahasa lain tidak mampu melakukan pelatihan dengan data langsung secara real-time. Model ini dilatih secara offline pada kumpulan data besar, dan proses pelatihan dapat memakan waktu beberapa hari atau bahkan berminggu-minggu. Itu bergantung pada ukuran model dan jumlah data pelatihan. Setelah dilatih, model dapat menghasilkan respons secara real-time berdasarkan input yang diberikan.

Namun, OpenAI dan peneliti lainnya sedang mencari cara untuk menyempurnakan model bahasa yang ada secara real-time pada kumpulan data yang lebih kecil. Proses ini dikenal sebagai pembelajaran daring atau berkelanjutan.

Itu akan memungkinkan model bahasa beradaptasi dengan data baru dan meningkatkan kinerjanya dari waktu ke waktu, tanpa harus melatih ulang seluruh model dari awal. Namun, teknologi ini masih dalam tahap awal pengembangan dan belum tersedia secara luas.

 

3. Monetisasi dan SEO

GPT-3 dapat dimonetisasi dengan berbagai cara. OpenAI, pengembang GPT-3, menawarkan akses API ke model melalui platform OpenAI GPT-3, yang memungkinkan bisnis dan pengembang untuk mengintegrasikan model ke dalam aplikasi dan layanan mereka. Perusahaan lain telah membangun produk dan layanan di atas API, antara lain chatbots, alat pembuat konten, dan asisten virtual.

Industri Search Engine Optimization (SEO) mungkin sedikit gugup saat ini, tetapi menurut ChatGPT, tidak banyak yang perlu dikhawatirkan. Hal ini karena tidak mungkin GPT-3 dan model bahasa lainnya akan benar-benar mengubah industri SEO.

Meskipun GPT-3 memiliki kemampuan canggih untuk membuat teks dan menjawab pertanyaan, ini terutama merupakan alat pembuatan bahasa, bukan alat pengoptimalan penelusuran. SEO adalah proses mengoptimalkan situs web untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi dalam hasil mesin pencari dan menarik lebih banyak lalu lintas organik. Ini melibatkan sejumlah teknik, antara lain penelitian kata kunci, pengoptimalan pada halaman, pembuatan konten, dan pembuatan tautan.

GPT-3 dapat membantu aspek SEO tertentu, seperti pembuatan konten dan penelitian kata kunci, dengan menghasilkan teks yang dioptimalkan untuk mesin pencari. Namun, tidak mungkin untuk sepenuhnya menggantikan kebutuhan keahlian manusia dalam SEO. Hal itu karena belum ada kemampuan untuk melakukan tugas teknis SEO, seperti audit situs web dan pembuatan tautan, atau bahkan menganalisis dan menginterpretasikan algoritma mesin telusur. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement