Senin 06 Feb 2023 22:58 WIB

Komedian Ini Bungkam Pembencinya dari Kaum LGBT dengan Penghargaan Bergengsi Grammy 

Komedian Dave Chappelle mendapat kritikan pedas dari kaum LGBT

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti / Red: Nashih Nashrullah
Komedian Dave Chappelle dianggap menyinggung kelompok LGBTQ dengan materi leluconnya untuk tayangan spesial Netflix, The Closer.
Foto: EPA
Komedian Dave Chappelle dianggap menyinggung kelompok LGBTQ dengan materi leluconnya untuk tayangan spesial Netflix, The Closer.

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA – Komedian Dave Chappelle memenangkan album komedi terbaik di Grammy tahun ini untuk program "The Closer", sebuah acara khusus Netflix yang dikritik sebagai transfobia.  

Melansir laman thehill.com, Kamis (2/2/2023), Chappelle tidak hadir di Grammy tahunan ke-65 di Los Angeles, California, Ahad malam, dan seorang presenter menerima penghargaan atas namanya.  

Baca Juga

Komika itu mendapat reaksi marah setelah Chappelle menggunakan istilah kasar untuk merujuk pada anatomi orang transgender dan mengejek anggota komunitas.  

Kelompok advokasi seperti GLAAD mengutuk komedian tersebut, dan yang lainnya mendesak Netflix untuk menghapus episode spesial, seri keenam yang dia buat untuk platform streaming tersebut. 

Komedian itu membela komentarnya sebagai ekspresi bebas dan menolak untuk meminta maaf. "The Closer" juga mendapatkan nominasi Emmy Award akhir tahun lalu. 

Tak hanya Chappelle yang memenangkan Grammy atas komedian kontroversial lainnya, Louis CK menang setelah dia mengolok-olok klaim pelanggaran seksual terhadapnya di acara khusus lainnya. Louis CK, juga memenangkan Grammy tahun lalu. 

Melansir laman hollywoodreporter.com, Setelah Chappelle dan CK dinominasikan untuk Grammy 2023, CEO Recording Academy Harvey Mason jr bercerita mengenai proses nominasi keduanya. 

"Kami tidak mengontrol siapa yang dipilih oleh pemilih. Jika para pemilih merasa seorang pencipta pantas dinominasikan, mereka akan memilih mereka,” kata Mason jr.   

Mereka tidak akan pernah berada dalam urusan memutuskan posisi moral seseorang atau di mana menilai mereka dalam skala moralitas. 

"Saya pikir tugas kita adalah mengevaluasi seni dan kualitas seni. Kami dapat memastikan bahwa semua ruang kami aman dan orang tidak merasa terancam oleh siapa pun," ujar dia. 

Baca juga: 4 Sosok Wanita yang Bisa Mengantarkan Seorang Mukmin ke Surga, Siapa Saja?  

Sejauh ini pemilihan nominasi atau penghargaan akan membiarkan para pemilih membuat keputusan itu 

The Closer , yang dinominasikan untuk dua nominasi memulai debutnya di Netflix pada 5 Oktober 2021 dan dengan cepat memicu reaksi. Unsur-unsur acara komedi selama satu jam itu dikritik karena transfobia dan homofobik. 

Selama acara spesial, Chappelle membela DaBaby setelah kata-kata kasar rapper homofobik, yang mengakibatkan artis tersebut dikeluarkan dari berbagai festival.

Dan dia menyatakan dia adalah tim TERF menggunakan akronim untuk feminis radikal trans-eksklusi, sebuah ideologi yang mengecualikan wanita trans sebagai wanita sambil menyelaraskan dirinya dengan penulis Harry Potter JK Rowling, yang telah mengambil sikap anti-trans publik.  

Chappelle juga menerima kritik secara khusus dari komunitas LGBTQ hitam karena tidak mengakui bahwa orang queer dan trans tidak hanya berkulit putih saat membahas rasisme dalam komunitas LGBTQ. 

Sementara beberapa teman Chappelle di Hollywood secara terbuka mendukungnya setelah acara khusus yang kontroversial itu, para kreatif seperti showrunner Dear White People Jaclyn Moore bersumpah mereka tidak akan lagi bekerja dengan Netflix.n Ratna Ajeng Tejomukti

 

Sumber: hollywoodreporter, thehill    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement