Senin 06 Feb 2023 16:46 WIB

Daftar 12 Ponsel Aneh Sepanjang 2000-an, Anda Punya?

Ponsel sepanjang 2000-an dikemas dalam gaya yang unik dan aneh.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ponsel jadul Nokia menjadi salah satu ponsel aneh yang meluncur sepanjang tahun 2000-an.
Foto: GSMArena
Ponsel jadul Nokia menjadi salah satu ponsel aneh yang meluncur sepanjang tahun 2000-an.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Sebelum menjadi seperti sekarang, beberapa perusahaan ponsel dari tahun 2000-an hadir dengan cara mengemas yang cukup aneh dalam gaya dan fitur. Ini dalam upaya menjadi segalanya bagi semua orang.

Dilansir dari Slashgear, Senin (6/2/2023), berikut adalah 12 ponsel aneh dari tahun 2000-an yang mungkin sudah Anda lupakan

Baca Juga

Nokia N-Gage (2004)

N-Gage adalah perangkat seluler dan perangkat gim dalam satu paket. Spesifikasi N-Gage lumayan menurut CNET, dengan Bluetooth, kemampuan internet, memori yang dapat ditingkatkan, pemutar MP3, dan layar penuh warna.N-Gage memiliki beberapa unsur yang tepat untuk produk yang sukses. Namun, harganya 300 dolar AS atau sekitar Rp 4,5 juta dan permainan harus dibeli secara terpisah.

 

Nokia 7280 (2004)

Nokia 7280 termasuk di antara sejumlah ponsel yang dipasarkan sebagai aksesori fesyen sekaligus perangkat komunikasi. Yang ini secara khusus ditargetkan untuk audiens tertentu karena desainnya meniru kotak lipstik.

7280 ini sangat tidak praktis karena sedikit lebih besar dan berbagi bentuk lipstik persegi panjang. Meski kemasannya aneh, ponsel ini hadir dengan layar berwarna, kemampuan Bluetooth, kamera, dan konektivitas internet, menurut Mobile Tech Review.

7280 juga menampilkan perintah suara dan panggilan suara. Ini merupakan hal yang baik karena tidak memiliki papan tombol. Semua fungsi ponsel kecil yang aneh ini dilakukan dengan roda klik dan beberapa tombol.

Ponsel juga dibuka dengan menarik kedua sisi untuk memaparkan layar dan kamera yang mirip dengan kamera mata-mata lama dari film. Meskipun perangkat kecil ini trendi dan pintar, 7280 tidak bertahan lama karena alasan yang jelas, karena orang cenderung lebih memilih ponsel mereka untuk bekerja dengan baik daripada peduli tentang penampilan ponsel sebagai aksesori fesyen.

 

Nokia N90 (2005)

Ponsel N90 tampak seperti ponsel flip lainnya. Tetapi ponsel ini memiliki beberapa fitur unik. Ponsel terbuka seperti ponsel flip, tetapi bantalan tombol kemudian dapat diputar, serta bagian ramping di engsel yang berisi lensa. Ini menempatkan ponsel pada posisi untuk merekam video dan mensimulasikan bentuk banyak camcorder saat itu. Dengan optik 41MP dan penyimpanan kartu SD, N90 akan mampu menangkap video pada saat itu juga dengan kejelasan yang baik dibandingkan dengan perangkat lain yang tersedia pada saat itu, menurut Techradar.

 

Motorola V70 (2003)

Motorola V70 menampilkan layar tampilan bulat yang cukup besar di bagian atas ponsel dengan penutup berbentuk lonjong di atas tombol. Alih-alih membuka perangkat, penutup tombol akan berputar 180 derajat di sekitar layar untuk meninggalkan Anda dengan telepon ukuran penuh dengan speaker sekarang berada tinggi di atas telepon dan dengan tombol terbuka.

Tujuan dari mekanisme ini hanyalah untuk menarik perhatian dan menjual ponsel, karena fitur lainnya mirip dengan yang lain dengan harga yang sama, yaitu 400 dolar AS atau Rp 6.023.800 yang relatif tinggi, per CNET. Lebih mengejutkan lagi, Motorola mengembalikan desain ini beberapa tahun kemudian dalam perangkat ultra-mewah yang dilapisi dengan kulit luar baja tahan karat dan roda gigi putar terbuka dengan harga eceran yang hampir 2.000 dolar AS atau sekitar Rp 30,1 juta.

 

Nokia 7600 (2003)

Ponsel ini lebih menyerupai Klondike Bar karena bentuknya yang seperti persegi. Dengan layar yang berada di tengah ponsel, tombol diapit di kedua sisi dengan garis 1-5 di kiri dan 6-0 di kanan. D-pad di bagian bawah dengan beberapa tombol lunak tambahan memungkinkan navigasi menu.

Segala sesuatu tentang tata letak ini aneh dan jauh dari ramah pengguna. Tampaknya dibuat seolah-olah menjadi perangkat streaming media, tetapi muncul sekitar lima tahun terlalu dini dan layar setengah dari yang diperlukan.

 

Siemens Xelibri 6 (2003)

Faktor bentuk ponsel ini melingkar dan seperti cermin rias. Bahkan ada sepasang cermin begitu Anda membukanya. Cermin bawah duduk sedemikian rupa sehingga tuts-tutsnya entah kenapa terbelah menjadi beberapa baris di kedua sisinya . Ponsel ini pernah dijual  hanya di toko perhiasan fesyen kelas atas.

 

Nokia 6810 (2004)

Dirilis sekitar tahun 2004, Nokia 6810 tampak seperti kebanyakan ponsel lain pada pandangan pertama. Ponsel ini memiliki layar monokrom dan bantalan tombol khas dengan tombol lunak yang diperlukan untuk navigasi menu.

Tapi dibalik bantalan tombolnya ada keyboard. Mengangkat bagian bawah ponsel memperlihatkan bagian berengsel yang terlipat untuk memperlihatkan keyboard qwerty penuh yang dibelah dua oleh layar sekarang diputar 90 derajat.

Ini memungkinkan pengguna menggunakan tata letak keyboard yang sudah dikenal untuk menulis pesan dengan cepat tanpa perlu repot menggunakan teks T9. 6810 juga memperkenalkan ide pengetikan jempol karena tata letak hanya berguna dengan cara itu.

 

Toshiba G450 (2008)

Meskipun G450 menarik perhatian, tampilannya jelas aneh. Tampaknya dibangun tanpa sudut siku-siku, melainkan dengan tema melingkar.

Mengatur nomor dalam lingkaran bukanlah hal baru untuk telepon. G450 memiliki lingkaran angka yang memisahkan kunci dari 1-6 di atas dan sisanya dalam lingkaran di bawah.

 

Bang & Olufsen Serenata (2007)

Perusahaan Denmark Bang & Olufsen adalah produsen komponen audio kelas atas dan umumnya dianggap baik di dunia audio fidelitas tinggi. Perusahaan bekerja sama dengan Samsung untuk merilis ponsel dengan penekanan pada audio berkualitas tinggi, Serenata.

Ini adalah ponsel tetapi tidak menyertakan bantalan tombol dalam desain dan semua fungsi ditangani oleh roda kontrol serta beberapa tombol peka sentuhan. Stuff mengulas Serenata pada 2007, mencatat bahwa ia tidak memiliki kesan produk premium dengan eksterior karet dan logamnya.

Namun, pengeras suara terdengar cukup bagus dan menghasilkan kejernihan yang mengesankan. Penyimpanan 4GB-nya kompetitif pada saat itu, tetapi kurangnya papan tombol membuatnya hampir tidak dapat digunakan sebagai telepon. Ponsel dijual dengan harga 1.000 poundsterling atau sekitar Rp 18, 1 juta.

 

C91 Golden Buddha (2009)

Informasi tentang ponsel ini sulit didapat, tetapi Softpedia News mengatakan ponsel ini hadir dengan layar 2,0 inci, pemutar MP3, kamera 1,3 MP, dan Bluetooth. Fitur yang paling menonjol dari perangkat ini adalah bentuk melingkar, pelapisan emas dan swastika Timur yang ditampilkan secara mencolok di tengah pelat ham.

Ada bunga teratai di kotaknya dan patung Buddha Emas sebagai latar belakang pajangan. Tech Gadgets India juga melaporkan bahwa ponsel tersebut dapat dibeli pada saat itu dengan harga hanya 123 dolar AS atau sekitar Rp 1,8 juta,tetapi tidak berkomentar tentang kesesuaiannya dengan Empat Kebenaran Mulia.

 

Nokia 7710 (2004)

Model 7710 adalah salah satu ponsel paling awal yang membuang keyboard fisik dan memilih yang ditampilkan di layar. Hal tersebut juga mengintegrasikan banyak paket perangkat lunak multimedia terbaru saat itu dan perangkat kerasnya dioptimalkan untuk penggunaan ini.

Ulasan terpercaya mencantumkan beberapa fitur ponsel termasuk layar sentuh bersama dengan Bluetooth, kamera, radio FM, pemutar MP3 dan satu set aplikasi bawaan untuk produktivitas dan multimedia, Ponsel tidak memiliki WiFi dan video diputar melalui RealPlayer, saat industri saat itu dan kualitasnya buruk.

 

Telsom TWC-1150 (2004)

Engadget menyatakan ponsel ini hadir dengan ponsel CDMA dengan bantalan tombol numerik mini, LCD berwarna, dan speakerphone dalam format jam tangan menarik. Kamera ditawarkan sebagai aksesori plug-in serta “finger phone”, meskipun tidak ada penjelasan lebih lanjut tentang itu.

Ponsel dilengkapi dengan earpiece nirkabel inframerah untuk menghindari terus-menerus seperti agen Secret Service dengan pergelangan tangan ke telinga Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement