Ahad 05 Feb 2023 21:21 WIB

Pimpin Barcelona Hadapi Sevilla, Xavi Berpeluang Lampaui Torehan Rekor Milik Guardiola

Barcelona baru kebobolan sekali dalam sembilan laga kandang.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Pelatih kepala Barcelona Xavi Hernandez
Foto: AP Photo/Joan Monfort
Pelatih kepala Barcelona Xavi Hernandez

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Barcelona terbukti menjadi tim dengan pertahanan terbaik hingga La Liga musim ini telah menginjak jornada ke-20. Dari 19 partai yang telah dilakoni, Blaugrana hanya kebobolan tujuh gol. Catatan ini telah menorehkan rekor tersendiri dalam sejarah partisipasi Blaugrana di pentas La Liga.

Ini menjadi jumlah kebobolan terendah Blaugrana saat telah merumput di 19 partai di arena La Liga. Namun, Barcelona di bawah kendali Xavi Hernandez berpeluang untuk kembali memecahkan rekor, tepatnya saat Robert Lewandowski dan kawan-kawan menjamu Sevilla pada jornada ke-20 La Liga, Senin (6/2/2023) dini hari WIB.

Baca Juga

Dalam laga yang bakal digelar di Stadion Camp Nou tersebut, Xavi memiliki kans untuk melampaui rekor yang digenggam oleh salah satu pelatih tersukses dalam sejarah Barcelona, Pep Guardiola. Torehan rekor ini terkait dengan catatan penampilan Barcelona di laga kandang.

''Apabila bisa mampu mengakhiri laga kontra Sevilla dengan catatan clean sheet, maka Barcelona akan mencatatkan rekor hanya kebobolan satu gol dalam 10 laga kandang di pentas La Liga. Rekor ini akan melampui catatan penampilan kandang Blaugrana pada musim 2011/2012,'' tulis laporan Barca Universal, Ahad (5/1/2023).

Kala itu, Blaugrana, yang masih ditangani Guardiola, mampu mencatatkan rekor hanya kebobolan dua gol dalam 10 laga kandang secara beruntun di pentas La Liga. Dengan begitu, apabila mampu menjaga gawangnya tetap perawan saat menjamu Sevilla, Barcelona bisa mencatatkan rekor hanya kebobolan satu gol dari 10 laga kandang terakhir di kancah La Liga.

Saat ini, Blaugrana diketahui baru sekali kebobolan dari sembilan kali kesempatan tampil di Stadion Camp Nou di pentas La Liga. Blaugrana gagal mengakhiri laga dengan catatan clean sheet saat ditahan imbang rival sekota mereka, Espanyol, 1-1, akhir Desember silam. 

Itu sekaligus menjadi hasil imbang kedua yang ditorehkan Blaugrana dari sembilan laga kandang yang telah dilakoni pada paruh pertama La Liga musim ini. Sementara di tujuh laga lainnya, klub asal Katalunya itu selalu mampu mengatasi tamunya di Stadion Camp Nou.

Xavi pun cukup optimistis dengan kemampuan anak-anak asuhnya untuk bisa mencatatkan clean sheet lawan Sevilla. Eks pelatih Al Sadd itu bahkan menilai, dibanding lini serang, kinerja lini pertahanan Blaugrana jauh lebih memuaskan.

''Kami tengah berada dalam momen yang bagus, terutama dari performa lini belakang. Kami tampil jauh lebih baik dibanding musim lalu dan mampu memahami serta mencari solusi dalam beberapa situasi di pertandingan,'' kata Xavi seperti dilansir Stats Perform.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement