Ahad 05 Feb 2023 17:39 WIB

ITS Naik 50 Peringkat Kampus Terbaik Dunia Versi Webometrics

ITS mempertahankan posisi di tujuh besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Ketua tim pengembangan mobil listrik multiguna Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Harus Laksana Guntur (kedua kiri), menjelaskan tentang mobil listrik Multipurpose Electric Vehicle ITS (MEvITS) rancangannnya kepada sejumlaha tamu undangan di sela acara peluncurannya di Surabaya, Jawa Timur, Ahad (27/11/2022). ITS kini berada di posisi 1.146 Webometrics Ranking Web of Universities periode Januari 2023.
Foto:

Sementara itu, Direktur Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) ITS Fadlilatul Taufany mengatakan bahwa pada indikator "Openness", ITS berhasil menduduki peringkat 1.073 dari sebelumnya duduk pada posisi 1.234. Aspek tersebut menilai jumlah sitasi dari afiliasi peneliti dengan perguruan tinggi yang dinilai melalui profil Google Scholar.

Perhitungan profil adalah 310 profil teratas dengan pengurangan 30 profil pertama. Hasil pemeringkatan ini , menurut Taufany membuktikan kualitas para peneliti ITS.

"Kompetensi para peneliti sudah setara dan mumpuni, terutama yang masuk 310 teratas," tuturnya.

Taufany mengatakan bahwa indikator Excellence juga mengalami peningkatan dari peringkat 1.959 menjadi 1.933. Pada indikator ini, Webometrics menghitung jumlah artikel yang disitasi pada database Scimago untuk artikel yang terbit selama lima tahun (2017-2021).

"Adapun upaya ITS dalam "Excellence", yaitu terus mendorong publikasi jurnal internasional. Dari segi mutu maupun jumlah terus kami dorong," ujar Taufany yang juga dosen Departemen Teknik Kimia.

Taufany mengemukakan bahwa mulai tahun 2023, ITS telah menyiapkan basis data luaran penelitian yang dapat diakses secara terbuka melalui ITS Scholar (scholar.its.ac.id). Melalui ITS Scholar diharapkan banyak mitra dari luar yang mengetahui kompetensi para peneliti ITS sehingga jejaring riset dan pembagian sumber daya riset dapat dilakukan secara global.

Peningkatan peringkat dunia ITS pada Webometrics membuat kampus tersebut mempertahankan posisi di tujuh besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Hal tersebut diharapkan dapat mempermudah stakeholders ITS (calon mahasiswa, mahasiswa, orang tua mahasiswa, dosen, mitra eksternal, dan masyarakat umum) dalam menemukan berbagai informasi dan pengetahuan yang berkualitas melalui website resmi ITS.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement