Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image M. Hasan

Pembenahan Wasit dan Penggunaan VAR, Arus Balik Sportivitas Sepak Bola Indonesia

Olahraga | Sunday, 05 Feb 2023, 06:53 WIB
Foto: Olahraganesia.id

Sepak bola kita tidak akan beranjak kemana-mana apabila tidak ada perubahan atau pembenahan yang bersifat totalitas. Salah satunya adalah membenahi kualitas pertandingan. Dalam hal ini, yang menjadi sorotan adalah kinerja pengadil lapangan, yakni kualitas wasit.

Kiranya persoalan ini sangat urgen. Sebab kepemimpinan wasit mempengaruhi seluruh pertandingan. Kepemimpinan wasit yang berkualitas dapat mencerminkan suatu pertandingan yang berkualitas, penuh sportivitas dan keadilan. Sebaliknya kepemimpinan wasit yang buruk bisa menimbulkan banyak persoalan.

Erick Thohir menyadari keluhan publik sepak bola Indonesia bahwa sejauh ini kepemimpinan wasit sering menjadi sorotan sebab sering kali terjadi keputusan kontroversial oleh wasit. Sebab itu, Erick Thohir memprioritaskan untuk pembenahan wasit.

Terobosan Baru VAR

Dalam upayanya meningkatkan kualitas pertandingan, ada beberapa upaya yang akan dilakukan oleh Erick Thohir. Tapi secara umum, ada dua hal penting yang menjadi sorotan olehnya. Pertama, peningkatan kualitas wasit. Hal ini berkaitan dengan upaya terus-menerus untuk mendorong ‘upgrade’ kualitas kepemimpinan wasit. Dalam hal ini, integritas dan profesionalitas wasit perlu diperkuat. Ketegasan seorang pimpinan PSSI nantinya diperlukan sekali supaya wasit tidak mudah ‘masuk angin’ dari bisikan-bisikan mafia sepak bola yang seringkali memanfaatkan celah keteledoran wasit untuk mengambil keuntungan dari pertandingan yang tidak sehat, manipulatif.

Kedua, demi memperketat dan memperkuat kualitas keputusan wasit, Erick Thohir akan menghadirkan penggunaan teknologi modern di dalam sepak bola – yang saat ini juga sudah dipergunakan oleh olahraga-olahraga lain, yakni Video Assistent Referee (VAR). Dengan memiliki VAR, maka setiap keputusan yang rumit, wasit bisa dibantu oleh VAR yang bisa menyajikan gambaran yang detail terhadap berbagai peristiwa di lapangan. VAR dapat meminimalisir keputusan kontroversial wasit.

Arus Balik Kemajuan Sepak Bola Indonesia

Langkah progresif dari Erick Thohir terkait inisiatif penggunaan VAR ini mendapat sambutan dan apresiasi dari publik. Pertama, ini akan menjadi ‘arus balik’ kemajuan sepak bola Indonesia. Ini akan memungkinkan sepak bola Indonesia untuk mengejar ketertinggalan (gap jauh) dari perkembangan pesat sepak bola modern dari negara-negara yang sudah maju sepak bolanya

Kedua, salah satu hal lain yang mendapat dukungan dari penggunaan teknologi VAR, sebab ini dinilai akan dapat mencegah manipulasi pertandingan lewat wasit. Sehingga dapat mengembalikan kompetisi yang sehat.

Erick Thohir - dalam salah satu roadshow-nya telah mendengarkan keluhan suporter, klub dan aspro. Semuanya mendukung kompetisi yang sehat. Kuncinya profesionalitas dan ketegasan pengadil lapangan. Yaitu wasit.

Kedua, kompetisi yang sehat bukan hanya bisa menghidupkan semangat kompetisi dan prestasi sepak bola. Melainkan untuk jangka panjang, ini bisa mendorong citra baik liga, dan bisa menarik investasi lebih baik dari entrepreneur sepak bola.

Publik meyakini bahwa inisiatif Erick Thohir soal VAR ini akan terealisasi. Sebab, Erick bukan hanya memiliki rencana yang matang, tapi juga memiliki nyali dan keberanian untuk totalitas pembenahan demi kemajuan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image