Sabtu 04 Feb 2023 17:50 WIB

Kalbe, Budi Luhur, dan ITL Trisakti Dorong Pentingnya Edukasi Soal Pengolahan Sampah

Banyaknya sampah plastik yang tidak dikelola dengan baik menimbulkan keprihatinan.

Kalbe Farma berkolaborasi dengan Universitas Budi Luhur (UBL), dan Institut Transportasi dan Logistik (ITL) Trisakti dalam hal pengolahan sampah plastik.
Foto: Dok. web
Kalbe Farma berkolaborasi dengan Universitas Budi Luhur (UBL), dan Institut Transportasi dan Logistik (ITL) Trisakti dalam hal pengolahan sampah plastik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kalbe Farma berkolaborasi dengan Universitas Budi Luhur (UBL), dan Institut Transportasi dan Logistik (ITL) Trisakti dalam hal pengolahan sampah plastik.

Kolaborasi keduanya menggelar program edukasi pengolahan sampah dengan tema Greget Plastik Season 2 Goes to Yayasan Kampus Diakoenia Modern (KDM) di Bekasi, Jawa Barat.

Baca Juga

"Greget Plastik Season 2 mencerminkan kolaborasi yang baik antara dunia pendidikan dan industri. Kolaborasi ini sangat bermanfaat, tidak hanya bagi lingkungan, namun juga dalam mencapai hidup bersih dan sehat," kata Sekretaris Direktur Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat ITL Trisakti, Simon Gultom di Jakarta, Sabtu (4/2/2023).

Hadir dalam acara itu, Abi Nisaka (Kalbe Corporate Sustainability Senior Manager), Bernadette Fanny (Kalbe Corporate Internal Communication Manager), Simon Gultom, (Sekretaris Direktur Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat ITL Trisakti), Sotar Sinaga  (Direktur Operasional Yayasan  Kampus Diakonia Modern (KDM), Moch Hasrul (Dosen Kalbis Institute), Ayu Wahyuningtyas, M.Sc( Pusat Studi Bencana Universitas Budi Luhur), Umi Tutik (Pengelola Bank Sampah Budi Luhur), serta serta perwakilan KDM Green Project, Nando dan Arief. 

Dalam kesempatan itu, seluruh unsur yang hadir berkomitmen terus melanjutkan inisiatif keberlanjutan dalam mengelola sampah plastik di lingkungan masing-masing. Banyaknya sampah plastik yang tidak dikelola dengan baik menimbulkan keprihatinan dan penyakit di lingkungan sekitar.

"Kegiatan Greget Plastik Season 2 menjadi perwujudan komitmen Kalbe dalam memelihara kelestarian lingkungan, yang sejalan dengan inisiatif Keberlanjutan Bersama Sehatkan Bangsa. Melalui pengurangan sampah plastik, kita juga berkontribusi dalam menciptakan kehidupan yang lebih baik," ujar Kalbe Corporate Sustainability Senior Manager, Abi Nisaka.

Bahkan, sampah bisa menimbulkan bencana banjir. Karena itu, program Greget Plastik Season 2 memiliki nilai positif dalam memberikan edukasi singkat terkait kreasi sampah plastik, berupa olahan plastik kresek bekas dan sampah plastik lainnya. 

Program Greget Plastik Season 2 juga memberikan penjelasan terkait sampah plastik yang telah diolah dan memiliki nilai tambah secara ekonomi.

"Gerakan Greget Plastik Season 2 bukan hanya tentang membangun kesadaran karyawan tentang bahaya sampah plastic. Tetapi bagaimana kita mengajak karyawan lebih peka bahwa ketika kita mengumpulkan sampah plastik dan diberikan ke tangan yang tepat, sampah plastik masih memiliki nilai ekonomis sehingga bisa membantu orang lain," jelas Kalbe Corporate Internal Communication Manager, Bernadette Fanny.

Program Greget Plastik Season 2 diikuti oleh para karyawan dari 29 unit bisnis Kalbe yang tersebar di wilayah Jakarta, Bogor Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Karyawan unit bisnis Kalbe berhasil mengumpulkan sampah plastik dengan berat 634 kg dalam kurun waktu enam bulan. Total donasi sampah plastik yang terkumpul mencapai jutaan rupiah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement