Sabtu 04 Feb 2023 12:38 WIB

Dinas Arsip Kota Tangerang Sediakan Layanan Enkapsulasi Arsip Gratis

Arsip dokumen lebih baik tidak lagi disimpan menggunakan teknik laminating.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Erik Purnama Putra
Layanan enkapsulasi arsip gratis disediakan oleh inas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang.
Foto: Dok Pemkot Tangerang
Layanan enkapsulasi arsip gratis disediakan oleh inas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang membuka layanan gratis enkapsulasi arsip di Kelurahan Paninggilan Utara, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang, Kamis (2/2/2023). Warga Kota Tangerang bisa memanfaatkan layanan tersebut untuk melindungi arsip dokumen masing-masing.

Subkoordinator Pembinaan Kearsipan DPAD Kota Tangerang, Ani Sriwahyuni menyampaikan, proses enkapsulasi dilakukan langsung di stan yang buka dan dijaga petugas. Menurut dia, DPAD terus berkeliling di Kota Tangerang memberikan layanan itu secara gratis.

"Kemarin di Kecamatan Cipondoh, respon dan antusiasnya cukup tinggi dengan lebih dari 50 warga kita layani, dengan sekitar 85 berkas kita enkapsulasi. Semua layanan enkapsulasi ini dipastikan gratis, bisa dimanfaatkan masyarakat tanpa dipungut biaya," katanya di Kota Tangerang, Banten, kemarin.

Ani menyebutkan, berkas yang bisa di enkapsulasi, di antaranya ijazah, akta kelahiran, kartu keluarga, kartu tanda penduduk elektronik, sertifikat, dan dokumen penting lainnya.

Enkapsulasi merupakan cara yang lebih tepat untuk memelihara arsip dengan cara menggunakan bahan pelindung, guna menghindarkan arsip dari kerusakan fisik.

Menurut dia, arsip kependudukan lebih baik tidak lagi disimpan menggunakan teknik laminating. Ani pun mengimbau bagi seluruh masyarakat Kota Tangerang untuk memanfaatkan layanan enkapsulasi di 13 kecamatan, untuk menjaga dan merawat dokumen penting dengan teknik atau pun cara yang baik dan benar.

Sehingga, dokumen penting yang dimiliki tidak rusak dengan penyimpanan yang salah.

"Ayo, datang ke lokasi Safari Pembangunan di masing-masing kecamatan kalian. Pantau jadwalnya di sosial media kecamatan atau Pemkot Tangerang," kata Ani.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement