Setiap mengalami masalah terkait rekeningmu di suatu bank, tentunya kamu akan dengan sigap menghubungi call center bank terkait. Bahkan, ketika hanya ingin mencari tahu beberapa informasi terkait bank, kamu pasti akan menghubungi call center.
Keberadaan call center ini sangat memudahkan nasabah untuk menyelesaikan masalah perbankan mereka, tidak perlu lagi untuk mendatangi kantor cabang bank. Dengan begitu, waktu dan energi yang terbuang menjadi begitu minim.
Namun, di antara kenyamanan call center ini, kamu pun tetap harus berhati-hati dan waspada jika menemukan nomor telepon call center yang tertempel di ATM. Bisa saja, nomor tersebut ditempel oleh pihak tidak bertanggung jawab yang kemudian akan menguras habis rekeningmu.
Nah, agar tidak terkena tipu karena salah menelpon call center, ada baiknya mengecek langsung situs resmi bank. Kamu pun juga bisa menyimak daftar call center bank berikut ini.
Sekilas Tentang Call Center Bank
Call Center Bank
Call center bank merupakan layanan yang disediakan oleh pihak perbankan sebagai pusat panggilan yang memberikan berbagai informasi terkait produk atau layanan pada nasabah. Call center bank dapat menjadi tempat “curhat” para nasabah.
Salah satu fungsi call center adalah menjawab semua pertanyaan nasabah. Jika nasabah memiliki pertanyaan dan keluhan, customer service di call center pun akan membantu menyelesaikannya.
Tugas dan Tanggung Jawab Call Center Bank
-
Memberikan Informasi Produk atau Jasa
Sebagai garda terdepan dari layanan perbankan, tentunya seorang yang bekerja di call center bank harus memahami secara tepat segala informasi terkait produk dan jasa yang diberikan bank. Tidak hanya informasi dasar tentang produk, tetapi informasi yang tidak diketahui oleh khalayak umum. -
Memberikan Solusi untuk Nasabah
Ketika nasabah menggunakan layanan call center, tentunya ada hal yang mengusik mereka, baik itu ada masalah maupun kebingungan. Segala pertanyaan yang diutarakan oleh nasabah akan dijawab oleh petugas call center.Nah, agar dapat memberikan solusi yang tepat, para petugas call center ini perlu mendengarkan secara seksama masalah yang diutarakan oleh nasabah. Tidak hanya mendengarkan, tetapi cara menyampaikan solusinya pun juga harus sopan.
-
Menjaga Hubungan dengan Nasabah
Jika melihat posisi nasabah yang kebingungan terhadap suatu masalah, tentunya ia akan merasa panik dan tidak nyaman dengan kondisi tersebut. Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, salah satu tugasnya adalah mendengarkan secara seksama dan memberikan tanggapan secara sopan.Tidak awam lagi bahwa seringkali petugas call center mendapatkan perlakuan yang tidak mengenakkan dari nasabah. Meskipun demikian, petugas call center pun juga tetap harus sabar dan menjaga hubungannya dengan nasabah.
-
Melakukan Penjualan
Tak bisa dipungkiri lagi bahwa panggilan masuk ke klien atau nasabah dari bank merupakan tawaran produk atau jasa perbankan. Itulah salah satu tugas dari petugas call center bank, untuk melakukan penjualan. Mereka akan menelepon nasabah dan menawarkan berbagai produk hingga akhirnya nasabah pun menggunakan produknya.
Layanan Call Center
Adapun berbagai layanan call center bank sebagai berikut.
-
Layanan Panggilan Masuk (Inbound Call)
Seperti namanya, jenis layanan ini merupakan panggilan yang masuk ke perusahaan. Jenis layanan inilah yang umumnya terjadi. Jika nasabah ingin mencari informasi, layanan inilah yang digunakannya. -
Pusat Panggilan Keluar (Outbound Call)
Berbeda dengan layanan sebelumnya, layanan ini merupakan panggilan yang keluar dari perusahaan alias perusahaan yang melakukan panggilan ke nasabah atau klien. Jangan heran jika kamu mendapatkan telepon dari pihak bank. Sebab, salah satu layanan call center bank adalah melakukan panggilan keluar. -
Pusat Panggilan Domestik
Panggilan domestik ini merupakan bentuk layanan yang dilakukan secara domestik atau hanya di dalam negeri saja. Biasanya, setiap bank memiliki nomor call center masing-masing yang dapat dihubungi dari seluruh Indonesia. Jadi, jika sedang berada di wilayah Indonesia, di mana pun itu, kamu dapat mengeluhkan masalahmu pada petugas call center bank. -
Pusat Panggilan Internasional
Jenis panggilan ini dilakukan secara internasional atau antarnegara. Jika kamu melakukan panggilan ke call center dari luar negeri, panggilan tersebut merupakan panggilan internasional.Kadang, nomor call center beberapa bank tidak dapat digunakan untuk panggilan internasional ini. Meskipun demikian, pihak bank tersebut menyediakan nomor yang dapat dihubungkan secara internasional. Nah, jika sedang liburan ke luar negeri dan ada masalah dengan produk perbankanmu, kamu bisa menggunakan nomor-nomor ini.
Daftar Call Center Bank di Indonesia
Penting sekali bagi kamu untuk mengetahui nomor call center bank. Sebab, penipuan bisa saja terjadi menggunakan nomor-nomor call center ini.Misalnya, jika pergi ke ATM nomor call center palsu dapat terpampang pada mesin ATM. Sebaiknya, jangan langsung menelepon nomor tersebut, meskipun dalam keadaan panik. Langsung buka website resmi dari bank yang dituju agar lebih pasti.
Selain itu, kamu juga bisa melihat daftar nomor call center yang ada di mesin pencarian. Berikut ini daftar call center bank resmi yang ada di Indonesia berdasarkan jenis banknya.
-
Call Center Bank Umum Persero
Nama Bank Call Center Bank BRI 14017 atau 1500017 Bank Mandiri 14000 Bank BNI 1500046 Bank BTN 1500286 -
Call Center Bank Swasta Nasional
Nama Bank Call Center Bank Danamon 1500090 Bank Permata 1500111 Bank BCA 1500888 Bank Maybank 1500611 Bank Panin 1500678 atau 60678 Bank CIMB Niaga 14041 Bank UOB Indonesia 14008 Bank OCBC NISP 1500999 Bank Artha Graha Internasional
08001918880Bank Bumi Arta 0212300 455 atau 0212300 893 Bank HSBC Indonesia 1500700 Bank JTrust Indonesia 1500615 Bank Mayapada Internasional 1500029 Bank of India Indonesia 0213500007 Bank Mualamat 02180668060 Bank Mestika Dharma 14083 Bank Shinhan Indonesia 1500881 Bank Sinarmas 1500153 atau 02150188888 Bank Maspion Indonesia 0315316999 Bank Ganesha 1500169 Bank ICBC Indonesia 1500198 Bank QNB Indonesia 02130055300 Bank Woori Saudara Indonesia 1500012 Bank Mega 08041500010 Bank KB Bukopin 14005 Bank Syariah Indonesia 14040 Bank KEB Hana Indonesia 1500021 Bank MNC Internasional 1500188 Bank Raya Indonesia 1500494 Bank SBI Indonesia 08001724636 atau 02139838747 Bank Mega Syariah 08041500010 Bank Index Selindo 1500670 Bank Mayora 0215696695 Bank China Construction Bank Indonesia 021566 3809 atau 021566 8292 Bank DBS Indonesia 1500327 Bank Resona Perdania 021570 1445 Bank Mizuho Indonesia 021392-5222 Bank Capital Indonesia 02127938883 Bank BNP Paribas Indonesia 02150814789 Bank ANZ Indonesia 08041000269 and 02180862030 Bank IBK Indonesia 1500978 Bank Aladin Syariah 02185500947 Bank CTBC Indonesia 02125578787 Bank Commonwealth 1500030 atau 02129352935 Bank BTPN 1500300 atau 02124505500 Bank Victoria Syariah 1500977 Bank Jabar Banten Syariah 1500727 Bank Jasa Jakarta 0216920888 atau 0216920999 Bank Neo Commerce 1500190 Bank Digital BCA 1500668 Bank National NOBU 1500278 Bank INA Perdana 1500738 Bank Panin Syariah 02156956100 Bank Prima Master 0313991488 Bank KB Bukopin Syariah 0212300912 Bank Sahabat Sampoerna 1500035 Bank Oke Indonesia 150112 Bank Amar Indonesia 02140005859 Bank Seabank Indonesia 1500130 Bank BCA Syariah 1500888 Bank JAGO 1500746 atau 02130000746 Bank BTPN Syariah 0211500300 Bank Multiarta Sentosa 02130002500 Bank Fama Internasional 1500333 Bank Mandiri Taspen 14024 Bank Victoria Internasional 0215228888 Bank Allo 08041104110 -
Bank Pembangunan Daerah
Nama Bank Call Center Bank Jawa Barat dan Banten 14049 Bank DKI 1500351 Bank Daerah Istimewa Yogyakarta 0274375127 atau 08112993666 Bank Jawa Tengah 14066 Bank Jawa Timur 14044 Bank Jambi 0741668612 Bank Aceh Syariah 1500845 Bank Sumatera Utara 14002 Bank Nagari 150234 Bank Riau Kepri Syariah 1500470 Bank Sumatera Selatan dan Bangka Belitung 1500711 Bank Lampung 1500575 Bank Kalimantan Selatan 08001122000 Bank Kalimantan Barat 08071888123 Bank Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara 1500124 Bank Kalimantan Tengah 1500526 Bank Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat 1500855 Bank Sulawesi Utara dan Gorontalo 1500659 Bank NTB Syariah 1500667 Bank Bali 1500844 Bank Nusa Tenggara Timur 14013 Bank Maluku dan Maluku Utara 0911354214 atau 0911354217 Bank Papua 0967532011 Bank Bengkulu 1500133 Bank Sulawesi Tengah 0451457399 Bank Sulawesi Tenggara 1500683 Bank Banter 1500410 -
Call Center Bank yang Berkedudukan di Luar Negeri
Nama Bank Call Center Bank Citibank 0212529999 atau 1500335 Bank JP Morgan Chase 02152918000 Bank of America 02129553748 Bank Bangkok Indonesia 0212311008 Bank MUFG 02125538300 atau 02130048200 Bank Standard Chartered 02157999988 Bank Deutsche AG 02129644401
Baca Juga: Waspadai Modus Penipuan Mengatasnamakan Bank dan Tips Menghindarinya
Modus Penipuan Perbankan yang Marak Terjadi
Modus penipuan perbankan
Ada lebih dari satu modus penipuan mengatasnamakan bank konvensional dan syariah yang sering terjadi dan ini perlu diketahui masyarakat khususnya nasabah bank. Dengan begitu, kamu sebagai nasabah bank bisa mawas diri.
-
Phishing
Phising merupakan modus penipuan yang dilakukan melakukan e-mail, pesan teks atau juga telepon. Pelaku akan menggunakan nama bank untuk memperoleh informasi nasabah seperti data sensitive mulai dari nama lengkap, password, informasi kartu debit atau kartu kredit.Penipuan yang menggunakan pesan teks atau e-email, umumnya akan mengirimkan tautan link yang mengarahkan korban untuk membuka situs pelaku, kemudian korban diminta untuk mengisi data-data yang berujung pebobolan rekening.
-
Impersonation
Modus penipuan impersonation ini, biasanya pelaku akan berpura-pura sebagai pihak bank, kemudian menawarkan layanan atau produk bank yang terbaru dan menguntungkan.Misalnya saja, pelaku menawarkan nasabah untuk menaikkan limit kartu kredit atau mengikuti program tabungan terbaru. Jika korban berminat, maka pelaku akan mengarahkan korban untuk menginformasikan data bank nasabah.
-
Vishing
Penipuan menggunakan modus vishing (voice phishing) ini, pelaku menggunakan telepon untuk mengelabui korban seakan-akan korban mendapatkan hadiah karena sudah menjadi nasabah setia. Jika korban sudah masuk perangkap pelaku, tugas selanjutnya pelaku hanya meminta korban untuk memberikan data bank. -
Smishing
Modus penipuan juga ada yang melalui pesan teks atau SMS. Biasasnya pelaku akan mengirimkan SMS yang mengatasnamakan bank, kemudian isinya berupa informasi mendapat hadiah tunai, mobil dan lainnya. Agar hadiah tersebut bisa diklaim, wajib klik link yang telah tertaut situs pelaku.
Baca Juga: Sering Dapat SMS Penipuan, Ini Caranya Lapor ke OJK
Jadilah Nasabah yang Cerdas
Meski hukum berjalan, tapi tetap saja penipuan marak terjadi hanya demi meraup keuntungan semata. Untuk itu, kamu sebagai masyarakat atau nasabah perlu cerdas dalam menyikapi penipuan ini.Mulai dari tidak mudah percaya atau tertarik dengan penawaran dari orang yang tidak jelas melalui SMS atau telepon. Maka dari itu, penting untuk mencatat setiap nomor call center agar tidak menjadi korban penipuan yang mengatasnamakan perbankan.
Jika kamu sudah terlanjur menjadi korban penipuan, segera buat laporan kepolisian melalui situ www.lapor.go.id. Berikut tahapannya:
- Pilih kategori pelaporan, yakni “Pengaduan”
- Tulis judul pelaporan
- Tuliskan detil kejadian penipuan, meliputi nama akun penipu, jumlah kerugian, dan keterangan lainnya secara lengkap
- Pilih tanggal kejadian
- Pilih lokasi kejadian
- Pilih instansi (kementrian atau Pemprov) tujuan yang berkaitan dengan laporanmu
- Pilih kategori “Tindak Pidana” pada kategori “Situasi Khusus”
- Upload lampiran (jika ada) dengan ukuran maksimal 2 MB.
- Pilih kategori pengadu
- Klik LAPOR!
- Isi data diri, setujui syarat dan ketentuan layanan, lalu laporanmu selesai diajukan