Jumat 03 Feb 2023 09:47 WIB

Korban Gempa Cianjur Terima Donasi Huntara dan Uang Tunai dari Protelindo

Donasi uang tunai dipakai untuk membangun fasilitas umum di Desa Sarampad, Cianjur.

Donasi yang diberikan Protelindo ke warga korban gempa Cianjur berupa hunian sementara dan uang tunai.
Foto: Istimewa
Donasi yang diberikan Protelindo ke warga korban gempa Cianjur berupa hunian sementara dan uang tunai.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -– PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk para korban bencana alam gempa bumi. Kali ini, perusahaan menara telekomunikasi dan jaringan fiber optik di Indonesia tersebut memberikan donasinya hasil seluruh karyawan dan manajemen sebesar Rp 249,79 juta.

Donasi sebesar Rp 35 juta diserahkan kepada Kepala Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, H Sugilar. Selain itu, bantuan uang tunai Rp 30 juta rupiah juga diberikan kepada Desa Sarampad, yang langsung diterima oleh Abdu Rajab. Rencananya, donasi tersebut akan digunakan untuk membangun fasilitas umum yang rusak terkena dampak dari gempa bumi di dua desa tersebut.

Uang hasil donasi karyawan juga diberikan kepada Desa Cirumput berupa 12 hunian sementara (huntara) di Kampung Lebak Saat, Desa Cirumput, Kecamatan Cugenang. "Saya berterima kasih atas dukungan dari Protelindo, bangunan tersebut akan digunakan oleh warga yang rumahnya hancur terdampak bencana gempa bumi Oktober 2022 lalu," ujar Kepala Desa Kampung Lebak Saat, Benny Irawan di Kabupaten Cianjur, Jumat (3/1/2023).

Huntara dibangun untuk warga korban gempa yang direlokasi dari daerah terdampak gempa paling parah. Huntara dilengkapi dengan sanitasi, air bersih, fasilitas umum dan sosial. Bentuk huntara, seperti tenda glamping yang diisi per keluarga, rencanannya dibangun terus di beberapa lokasi untuk memenuhi kebutuhan area tinggal sementara bagi warga.

Head of HR Operations & GA Facilities Division Protelindo, Doni Kusuma mengatakan, semangat sosial bertajuk 'Protelindo Berbagi: Caring Sharing and Serving' memang bertujuan meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana gempa bumi skala 5,6 Magnitudo yang mengguncang wilayah Cianjur beberapa waktu lalu. Khusus pembangunan huntara, kata dia, didirikan di area wisata sebagai upaya mendukung pariwasata Kampung Lebak Saat, Desa Cirumput.

"Semoga uluran tangan dari karyawan serta manajemen Protelindo Group, dapat membantu warga terdampak gempa Cianjur. Pembangunan Huntara ini merupakan upaya Protelindo Group untuk ikut serta memberikan hunian sementara yang aman selama menunggu proses recovery, mudah mudahan situasi dan kondisinya segera pulih," kata Doni.

Sebelumnya pada November 2022, perseroan juga menyalurkan donasi sembako ke dua tempat, yaitu Kantor Kecamatan Warung Kondang di Jalan Jambu Dipa, Warung Kondang, dan Posko Bencana Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Kabupaten Cianjur di Jalan KH Abdullah Bin Nuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement