Jumat 03 Feb 2023 16:00 WIB

Trik Live TikTok Banyak Ditonton, Makin Dapat Banyak Cuan

Selain berbagi video, TikTok juga memiliki fitur lain, seperti Live dan Shop.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Selain berbagi video, TikTok juga memiliki fitur lain, seperti Live dan Shop yang bisa mendatangkan cuan alias keuntungan/ilustrasi.
Foto: AP/Michael Dwyer, File
Selain berbagi video, TikTok juga memiliki fitur lain, seperti Live dan Shop yang bisa mendatangkan cuan alias keuntungan/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Platform video pendek TikTok menjadi populer beberapa tahun terakhir. Semua tren yang ada di media sosial sebagian besar berasal dari TikTok.

Selain berbagi video, TikTok juga memiliki fitur lain, seperti Live dan Shop. Pengguna bisa mendapatkan uang dari konten live mereka atau berjualan langsung (live shopping). Penonton yang menyukai konten live, bisa mengapresiasi kreator dengan memberikan suka, bagikan, atau gift (hadiah) yang bisa dibeli dengan uang.

Baca Juga

Harga tiap gift yang diberikan berbeda-beda. Semakin banyak kreator mendapatkan gift, semakin besar uang yang dihasilkan dari TikTok. Sayangnya, TikTok Live tidak tersedia untuk semua pengguna. Setidaknya Anda harus mempunyai 1.000 pengikut dan berusia di atas 16 tahun.

Jika semua syarat sudah terpenuhi, yuk simak langkah-langkahnya:

1.Buka TikTok dan ketuk “+” yang ada di bagian bawah layar.

2.Layar kamera dalam aplikasi akan muncul di layar Anda. Geser ke kanan ke opsi "LIVE" dari navigasi di bagian bawah layar Anda.

3.Pilih gambar dan tulis judul untuk Live Anda. Pastikan untuk memilih judul dan gambar yang cukup menarik perhatian pengikut Anda dan pengguna lain. Ingat, judul memiliki batas 32 karakter sehingga buatlah judul yang jelas dan ringkas.

4.Persiapkan diri dan ketuk "Go Live". Setelah aktif, pengikut Anda akan menerima pemberitahuan. Saat streaming langsung, Anda dapat melakukan beberapa penyesuaian dalam siaran, seperti membalik kamera, menambahkan efek, dan memfilter komentar.

 

Setelah sudah mengikuti langkah-langkahnya, ini tips agar Live Anda banyak yang nonton dan mendapat engagement tinggi, seperti dikutip Socialpilot, Kamis (2/2/2023):

1.Tahu tujuan Live

Sebelum live, sebaiknya Anda sudah tahu apa yang akan Anda lakukan dalam Live. Ada kreator yang berjualan, menjajakan barang dagangannya, memberikan promo, atau membagikan giveaway kepada para penonton. Namun, jika Anda bukan penjual, Anda harus memikirkan itu sehingga saat Live berlangsung, Anda tidak diam saja.

 

2.Jalankan Live sesuai rencana yang dibuat

Sebelum Anda memulai Live, ingatlah selalu merencanakan bagaimana Anda akan memulai, mengakhiri, dan melakukan segala sesuatu. Pertama, Anda bisa memperkenalkan diri dan membuat interaksi dengan penonton.

Setelah jumlah penonton sudah mencapai target yang bergabung, ungkapkan apa yang akan dibahas dalam Live ini. Selalu ajak penonton berinteraksi supaya menambah jumlah penonton.

 

4.Pilih waktu yang tepat                                                                                                Tidak ada gunanya melakukan Live TikTok pada saat tidak ada penonton yang bergabung. Anda perlu merencanakan setiap streaming langsung TikTok pada waktu terbaik. Misal, Anda bisa memilih ketika malam hari atau sore ketika orang-orang sudah selesai beraktivitas dan sedang beristirahat.

 

5.Promosikan konten Live

Sebelum melakukan konten Live, ada baiknya Anda mengumumkannya terlebih dulu dan menyebarkan di media sosial lain, seperti Instagram atau Facebook. Jadi, pengikut Anda bisa menyetel alarm agar tidak terlewat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement