Jumat 03 Feb 2023 06:08 WIB

Stok Beras di Sumsel Aman Hingga Akhir Tahun

Stok beras di Sumsel selalu surplus setian tahunnya.

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memastikan stok beras aman hingga akhir tahun.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memastikan stok beras aman hingga akhir tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memastikan stok beras aman hingga akhir tahun ini sehingga masyarakat tidak perlu khawatir. Gubernur Sumsel Herman Deru, di Palembang, Kamis (2/2/2023), mengatakan, Sumsel setiap tahun selalu dalam kondisi surplus beras sebab merupakan salah satu provinsi penghasil beras cukup besar di Indonesia.

"Setiap tahun kita selalu surplus karenanya beras di Sumsel melimpah," kata dia.

Baca Juga

Data Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumsel melaporkan dari 470.603 hektare lahan sawah yang ada mampu dihasilkan sebesar 2,9 juta ton jumlah produksi Gabah Kering Giling (GKG). Adapun jumlah produksi GKG petani setiap kabupaten/kota tersebut diketahui mengalami peningkatan ketimbang satu tahun sebelumnya yang merealisasikan sebesar 2,6 juta ton.

Maka karena kondisi produksi melimpah ini pula, Herman memastikan bahwa Sumsel tidak perlu adanya beras impor. "Sumsel sendiri kondisinya jauh dari cukup, harapan kita, jika bisa tidak atau seminimal mungkin beras impor," imbuhnya.

Dari jumlah produksi tersebut juga disiapkan Pemerintah Provinsi Sumsel dan Perum Bulog wilayah Sumsel-Babel untuk memenuhi kebutuhan beras menghadapi kondisi tanggap darurat dampak bencana alam hidrometeorologi 2023. Adapun diketahui masing-masing berjumlah sebanyak 200 ton beras disimpan di gudang Dinas Sosial Provinsi Sumsel dan sebanyak 100.000 ton beras tersimpan di gudang penyimpanan Bulog.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement