Jumat 03 Feb 2023 06:57 WIB

Apa Kabar Larangan Berbagi Password Netflix?

Netflix telah melakukan pengetesan program larangan berbagi password untuk pelanggan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Netflix telah melakukan pengetesan program larangan berbagi password untuk para pelanggan/ilustrasi
Foto: AP Photo/Dan Goodman
Netflix telah melakukan pengetesan program larangan berbagi password untuk para pelanggan/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Belum lama ini, The Streamable mengunggah rincian soal mekanisme pelarangan berbagi password bagi pengguna Netflix. Menanggapi informasi ini, Netflix mengungkapkan bahwa pihaknya belum bisa mengonfirmasi informasi tersebut.

Rincian yang diunggah oleh The Streamable berasal dari laman bantuan Netflix untuk Amerika Serikat. Dalam laman yang kini sudah dihapus tersebut, disebutkan bahwa satu akun Netflix hanya bisa digunakan oleh orang-orang yang tinggal di satu rumah.

Baca Juga

"(Anda) harus terhubung dengan Wi-Fi di lokasi utama Anda, buka aplikasi atau laman Netflix, dan menonton sesuatu setidaknya sekali setiap 31 hari," jelas Netflix dalam laman bantuan yang kini tak lagi tersedia, seperti dilansir The Verge.

Netflix memang memiliki rencana untuk menerapkan larangan berbagi password dengan lebih luas dalam beberapa bulan ke depan. Sejak tahun lalu, Netflix telah melakukan pengetesan program larangan berbagi password untuk para pelanggan di Chile, Costa Rica, dan Peru.

Di ketiga negara tersebut, Netflix menerapkan program Extra Member yang mewajibkan pemilik akun untuk membayar lebih, bila akun mereka digunakan oleh orang lain yang tidak tinggal satu rumah dengan pemilik akun. Selain itu, Netflix juga akan menggunakan IP address, ID gawai, dan aktivitas akun untuk menentukan kapan orang lain menggunakan akun pelanggan.

Pada laman Netflix untuk Chile, Costa Rica, dan Peru, Netflix juga memberikan petunjuk lebih rinci mengenai cara untuk mengubah "rumah utama" bagi pemilik akun. Netflix pun memberikan informasi soal hal-hal yang dapat membuat sebuah gawai terblokir.

Terkait informasi ini, Juru Bicara Netflix Kumiko Hidaka menjelaskan bahwa program Extra Member baru berlaku di Chile, Costa Rica, dan Peru. Saat ini, program tersebut belum berlaku di negara lain, termasuk Amerika Serikat. "Amerika Serikat (dan negara lain) belum memilikinya," ujar Hidaka.

Meski begitu, Hidaka mengatakan ada satu hal yang bisa dikonfirmasi oleh Netflix untuk saat ini. Hal tersebut adalah mereka akan menerapkan program sharing akun berbayar dengan lebih luas.

Program yang diterapkan di Chile, Costa Rica, dan Peru saat ini bisa memberikan gambaran mengenai program sharing akun berbayar yang mungkin akan diterapkan di negara-negara lain. Program tersebut juga turut memberikan gambaran soal kesulitan yang mungkin akan dihadapi oleh para pengguna yang terbiasa menonton tayangan Netflix dari beragam lokasi di luar rumah mereka.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement