Kamis 02 Feb 2023 15:50 WIB

Banjir Akibatkan Puluhan Orang Mengungsi di Singkawang Tengah

Dapur umum disiapkan untuk penanggulangan banjir di Singkawang.Tengah

Ilustrasi banjir di Singkawang Tengah.
Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Izfaldi
Ilustrasi banjir di Singkawang Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Banjir telah memaksa 21 keluarga yang terdiri atas 81 orang mengungsi di posko banjir yang ada diwilayahKelurahan Condong, Kecamatan Singkawang Tengah, Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat.

Menurut Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Kelurahan Condong Arkadia, warga yang mengungsi akibat banjir meliputi 42 orang dewasa, tiga warga lanjut usia, empat bayi, sembilan balita, dan 23 anak.

Baca Juga

"Warga yang mengungsi ini adalah merupakan warga Gang RDKS, Kelurahan Condong," katanya di Singkawang, Kamis (2/2/2023).

Pemerintah kelurahan dengan bantuan dari Taruna Siaga Bencana dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Singkawang sedang menyiapkan dapur umum untuk membantu warga yang mengungsi akibat banjir yang terjadi sejak Selasa (31/1).

"Sedang kita persiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan," tuturnya.

Di antara warga yang mengungsi di posko banjir Kelurahan Condong ada Wenti, yang rumahnya tergenang akibat banjir.

"Air semakin naiknya sejak Rabu (1/2) sore kemarin, saya langsung mengungsi ke posko," katanya, menambahkan, "Mudah-mudahan cepat surut lah, supaya kami bisa pulang ke rumah."

Banjir menggenangi pemukiman

Kepala BPBD Singkawang Edi Prawoko mengatakan bahwa banjir menggenangi permukiman warga di beberapa kelurahan, termasuk Kelurahan Bukit Batu, Sungai Garam Hilir, Condong, dan Pasiran.

"Daerah-daerah ini tergenang dikarenakan pergerakan air sangat lambat," kata Edi.

Menurut dia, tinggi genangandi wilayah Sungai Gatam Hilir berkisar 50 cm sampai satu meter. Ia mengatakan bahwa warga yang terdampak banjir sebagian bertahan di rumah mereka, tetapi ada pula yang memilih untuk mengungsi ke rumah kerabat atau tempat yang disiapkan oleh pemerintah seperti warga Gang RDKSdi Kelurahan Condong.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement