Kamis 02 Feb 2023 15:13 WIB

Manfaat Mengejutkan Pepaya Mentah yang Belum Banyak Orang Tahu

Pepaya mentah yang dipetik sebelum benar-benar matang juga punya beragam khasiat.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Manfaat mengejutkan pepaya mentah yang belum banyak orang tahu. (ilustrasi)
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Manfaat mengejutkan pepaya mentah yang belum banyak orang tahu. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manfaat kesehatan tidak hanya bisa didapat dari buah pepaya yang sudah matang. Pepaya mentah yang dipetik sebelum benar-benar matang juga punya beragam khasiat yang mengejutkan.

Berikut enam manfaat kesehatan dari pepaya mentah, dikutip dari laman NDTV, Kamis (2/2/2023):

Baca Juga

1. Meningkatkan pencernaan

Menurut buku Healing Foods oleh DK Publishing, pepaya mentah meningkatkan fungsi pencernaan. Pasalnya, konsentrasi tertinggi dari enzim pencernaan papain yang bermanfaat, ditemukan dalam pepaya mentah. Kandungan serat dalam pepaya mentah berfungsi sebagai pembersih internal untuk usus dan usus besar, selain mencegah masalah pencernaan seperti asam lambung, kembung, dan sembelit.

2. Membantu menurunkan berat badan

Berkat kandungan serat yang luar biasa, pepaya mentah membuat perut kenyang lebih lama. Pepaya mentah juga rendah kalori dan mengandung banyak pati, sehingga mencegah masalah pencernaan dan memfasilitasi pergerakan usus yang lancar. Menurut studi, pepaya mentah dapat berdampak positif pada pengurangan kolesterol.

3. Menyehatkan kulit

Pepaya mentah diperkaya dengan banyak vitamin C yang membuatnya sangat baik untuk kesehatan kulit. Ini juga dapat membantu melarutkan sel kulit mati dan memperbaiki sel kulit yang lama, sehingga membantu meremajakan kulit dari dalam.

"Karena serat dalam buahnya membersihkan tubuh secara internal dari segala racun, makan pepaya mentah setiap hari membantu mengatasi kondisi kulit seperti noda jerawat dan pigmentasi," kata ahli gizi dan konsultan kesehatan Shilpa Arora.

4. Detoksifikasi tubuh

Kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik dari pepaya mentah menjadikannya sebagai detoksifikasi alami bagi tubuh. Serat memicu pengeluaran racun dan limbah dari sistem tubuh dengan cukup efisien. Enzim dan fitonutrien dalam pepaya mentah terbukti bermanfaat untuk memperbaiki kerusakan sel.

5. Meningkatkan kesehatan mata

Sebuah studi di British Journal of Nutrition menemukan bahwa pepaya mentah memiliki sejumlah besar karotenoid yang digunakan untuk membentuk vitamin A dalam tubuh. Bahkan, jumlahnya melebihi kandungan yang ada di wortel dan tomat.

6. Menyembuhkan luka

Nutrisi pepaya mentah terbukti bermanfaat dalam mengurangi peradangan dan luka di tubuh. Enzim dalam pepaya mentah dapat mempercepat proses penyembuhan secara alami. Fitonutrien berfungsi sebagai bahan pembangun sel-sel baru, dan juga mencegah rasa sakit, bengkak, dan infeksi lainnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement