Kamis 02 Feb 2023 20:05 WIB

Pasang CCTV di Rumah, Pertimbangkan 10 Hal Ini

Perlu banyak pertimbangan ketika memilih CCTV.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Kamera CCTV (Ilustrasi)
Foto: surat.olx.in
Kamera CCTV (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam membeli kamera CCTV untuk rumah. Dilansir dari Gadget Snow pada Kamis (2/2/2023), berikut panduan membeli CCTV untuk rumah.

1. Periksa jangkauan kamera

Baca Juga

Dapatkan kamera CCTV yang memiliki jangkauan minimal 20-25 meter. Semakin luas jangkauannya, maka akan semakin mudah untuk menangkap objek dari jarak jauh. Kisaran tergantung pada ukuran sensor gambar, serta panjang fokus lensa.

 

2. Selalu periksa kualitas gambar

Seperti kebanyakan kamera, semakin tinggi resolusinya, maka semakin baik kualitas rekamannya. Kamera CCTV populer dapat merekam video dalam resolusi 720p dan 1080p. Perlu diingat bahwa kamera beresolusi lebih tinggi juga menghabiskan banyak ruang penyimpanan. Jika memiliki CCTV dengan resolusi 720 X 1080p maka dalam 24 jam dapat menghabiskan lebih dari 30GB ruang penyimpanan.

 

3. Periksa apakah ada slot kartu SD bawaan

Kamera CCTV umumnya dilengkapi dengan slot kartu SD bawaan. Pengguna bisa mendapatkan 32GB, 64GB, atau 128GB untuk merekam. Dalam beberapa kasus, kamera CCTV (yang lebih murah) tidak dilengkapi dengan penyimpanan internal, jadi belilah yang memang menawarkan bawaan slot kartu SD.

 

4. Periksa sensor gerak dan audio

Kamera yang menawarkan sensor gerak cenderung lebih mahal daripada yang tidak disertakan. Sensor ini dapat mendeteksi suara atau gerakan yang tidak diinginkan dan mengingatkan pengguna melalui aplikasi. Ini adalah fitur yang hadir di kamera CCTV kelas atas, jadi Anda harus membayar lebih mahal untuk fitur itu.

 

5. Seberapa mudah pemasangan dan instalasinya

Jika memilih kamera CCTV nirkabel, maka pengaturan dan pemasangannya agak mudah. Anda perlu memeriksa posisi dan pemasangan kamera CCTV. Beberapa kamera dilengkapi dengan alas magnet, atau bahkan bantalan lengket, tetapi memaku kamera di dinding selalu merupakan pilihan yang lebih baik. Anda mungkin memerlukan bantuan profesional untuk menyelesaikan instalasi. Sebagian besar kamera CCTV memiliki dukungan aplikasi, yang akan membantu melihat rekaman di ponsel.

 

6. Periksa apakah kamera tahan air atau tidak

Kemungkinan kamera akan dipasang di luar rumah. Dalam hal ini, periksa apakah kamera tahan air atau tidak karena beberapa kamera akan rusak saat basah kuyup.

 

7. Periksa jumlah LED inframerah di kamera

Anda pernah melihat bola lampu kecil yang ada di samping lensa kamera? Itu adalah LED inframerah yang digunakan untuk penglihatan malam. Periksa jumlah LED karena semakin tinggi jumlah LED, semakin baik kualitas rekaman di malam hari.

 

8. Periksa aksesori yang disertakan dengan kamera

Selalu periksa aksesori apa yang akan Anda dapatkan. Kamera CCTV yang lebih murah tidak dilengkapi dengan adaptor daya. Lihat juga apakah ada dudukan pemasangan, sekrup daya, dan kabel di dalam kotak.

 

9. Lihat apakah Anda menginginkan kamera CCTV berkabel atau nirkabel

Kamera kabel umumnya lebih murah dan juga dianggap lebih andal karena menawarkan konektivitas yang lebih baik. Namun, kamera nirkabel, di sisi lain, menawarkan lebih banyak mobilitas dan mudah dipasang. Kamera nirkabel cenderung lebih mahal daripada kamera kabel. Juga, ingatlah bahwa Anda memerlukan konektivitas Internet yang andal untuk kamera nirkabel.

 

10. Periksa garansi kamera CCTV

Garansi minimal satu tahun harus ditawarkan pada kamera CCTV kualitas yang layak. Beberapa yang mahal memang menawarkan garansi hingga tiga tahun atau lebih. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement