Kamis 02 Feb 2023 13:29 WIB

Bayi di Idaho Lahir Sambil Menggenggam KB Spiral Ibunya, Kok Bisa?

Video seorang ibu memperlihatkan bayinya menggenggam KB spiral viral di TikTok.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Di video TikTok, seorang ibu bernama Violet Quick asal Idaho, AS, memperlihatkan bayinya yang baru lahir menggenggam IUD.
Foto: Dok violet_quick/TikTok
Di video TikTok, seorang ibu bernama Violet Quick asal Idaho, AS, memperlihatkan bayinya yang baru lahir menggenggam IUD.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang ibu asal Idaho, Amerika Serikat, sangat terkejut ketika dirinya hamil, padahal sudah menggunakan alat kontrasepsi. Perempuan 20 tahun bernama Violet Quick itu memakai intrauterine device (IUD), yang juga dikenal dengan sebutan KB spiral.

Setelah menerima kehamilannya, Violet kembali terkaget-kaget saat bayi laki-lakinya lahir. Pasalnya, bayinya lahir sambil mencengkeram IUD di tangannya. Hal itu pun sontak membuat dokter dan perawat yang menangani persalinan Violet tak bisa menahan tawa.

Baca Juga

Violet dan suaminya, John Francis, mengunggah foto si bayi yang diberi nama Rudy itu di TikTok, membuat banyak orang ikut tercengang. Dia menceritakan, baru menikah dengan suaminya kurang dari setahun ketika merasa dirinya mengandung.

Padahal, sembilan bulan sebelumnya, Violet sudah memasang alat kontrasepsi IUD. Namun, dia akhirnya melakukan tes kehamilan karena merasa mual selama sekitar dua pekan dan muntah sesekali.

Usai melakukan tes, ternyata hasilnya memang positif. Bahkan, Violet melakukan enam tes kehamilan tambahan untuk benar-benar memastikan kehamilannya, sebelum mengunjungi dokter.

Violet menyarankan para perempuan yang memakai alat kontrasepsi, khususnya KB spiral, untuk tak ragu melakukan tes jika mengalami tanda-tanda sedang mengandung.

"Saya akan mengatakan jika Anda mengalami tanda-tanda kehamilan atau jika menstruasi Anda terlambat, sebaiknya melakukan tes. IUD bekerja untuk sebagian besar orang, tapi saya dan bayi saya sepertinya ada di 0,01 persen yang tidak," ungkap Violet.

Berdasarkan informasi dari Healthline, jika mengandung dengan memasang alat kontrasepsi IUD, kehamilan ektopik sangat mungkin terjadi. Kehamilan ektopik artinya kondisi di mana bayi mulai berkembang di luar rahim, atau di saluran tuba.

Menurut International Journal of Women's Health, lima dari 10.000 perempuan yang memakai IUD tembaga bisa mengalami kehamilan setiap tahun. Sebagai perbandingan, diperkirakan hanya dua dari 10.000 petempuan dengan IUD hormonal yang akan hamil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement