Rabu 01 Feb 2023 21:34 WIB

Kawasan Stadion Pakansari Bogor akan Dikenakan Parkir Berbayar

Parkir berbayar di kawasan Stadion Pakansari Bogor tidak akan memakai trotoar.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Nora Azizah
Parkir berbayar akan diterapkan di sepanjang jalan, mulai dari SPBU hingga lingkar Stadion Pakansari. (Foto: ilustrasi parkir)
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Parkir berbayar akan diterapkan di sepanjang jalan, mulai dari SPBU hingga lingkar Stadion Pakansari. (Foto: ilustrasi parkir)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor berencana menerapkan parkir berbayar di akses menuju kawasan Stadion Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Rencana itu mengacu kepada Peraturan Bupati Kawasan Tertib Lalu Lintas (Perbub PTL).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor, Agus Ridallah, mengatakan, kawasan yang akan menjadi area parkir on the street ialah Jalan Kolonel Edy Yoso Martadipura. Penerapan parkir berbayar di bahu jalan ini juga terinspirasi dari kawasan pecinan Suryakencana, Kota Bogor.

Baca Juga

Menurut Agus, salah satu pertimbangan diterapkannya parkir berbayar ini ialah karena kawasan tersebut tidak memiliki cukup banyak kantong parkir. Selain itu, kawasan itu menjadi salah satu sentra kuliner di Kabupaten Bogor.

“Karena memang kita butuh juga. Tidak mungkin semua area tidak diperbolehkan parkir gitu. Sementara kita kantong parkir nggak punya kan. Jadi mungkin kawasan Edy Yoso itu kita akan ada kekhususan untuk area parkir on the street,” kata Agus, Rabu (1/2/2023).

 

Lebih lanjut, Agus mengatakan, penerapan parkir berbayar ini akan mirip seperti retribusi wilayah. Rencananya parkir akan diterapkan di sepanjang jalan, mulai dari SPBU hingga lingkar Stadion Pakansari.

“Nanti kita atur lebih lanjut seperti apa aturannya. Dari pom bensin sampai Pakansari,” ujarnya.

Kendati demikian, Agus menegaskan, trotoar atau jalur pedestrian tidak akan dijadikan atau digunakan untuk area parkir sehingga parkir akan tetap dilakukan di pinggir jalan. Saat ini, kata dia, Pemkab Bogor melalui Dishub Kabupaten Bogor tengah mengkaji aturannya seperti apa agar matang. Setelah itu baru aturan tersebut akan ditetapkan, termasuk biaya parkirnya.

“Hanya pinggir jalan saja rencana seperti itu. Mungkin ditetapkan setelah bulan Maret, kan ada kajiannya dulu. Setelah kajian selesai, nanti baru dijalankan,” jelasnya.

Selain itu, Agus juga berencana membuat jalur sepeda di lingkar Stadion Pakansari. Dia akan meminta bantuan dari pemerintah pusat untuk pembangunan itu.

“Lingkar stadion nanti yang dalam nanti kita akan buat jalur sepeda. Yang memang nanti itu ada bantuan dari pemerintah pusat,” pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement