Rabu 01 Feb 2023 19:48 WIB

BRI Fellowship Journalism Kembali Dibuka Tahun Ini

BRI Fellowship Journalism terbuka bagi reporter, fotografer, dan editor se-Indonesia

Red: Gita Amanda
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali menyelenggarakan program beasiswa pascasarjana yang ditujukan bagi kalangan jurnalis, yakni BRI Fellowship Journalism 2023.
Foto: BRI
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali menyelenggarakan program beasiswa pascasarjana yang ditujukan bagi kalangan jurnalis, yakni BRI Fellowship Journalism 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali menyelenggarakan program beasiswa pascasarjana yang ditujukan bagi kalangan jurnalis, yakni BRI Fellowship Journalism 2023.

Program beasiswa yang ditujukan untuk insan media itu menjadi yang ke-4 kalinya (batch 4) sebagai bagian dari kegiatan CSR (corporate social responsibility) BRI Peduli.

Baca Juga

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto, dalam pernyataan yang diterima di Semarang, Rabu (1/2/2023), mengungkapkan bahwa BRI senantiasa terlibat aktif dalam memberikan kontribusi yang berdampak nyata bagi masyarakat, salah satunya insan media.

Menurut dia, peran insan pers sangat penting karena merupakan pioneer dan jembatan informasi bagi publik. "Dengan adanya BRI Fellowship Journalism 2023, diharapkan akan dapat mendukung keberlanjutan karier bagi para jurnalis. Dukungan BRI ini juga didedikasikan untuk para jurnalis yang menghadapi kesulitan ekonomi akibat dampak pandemi pada beberapa tahun terakhir," katanya.

Sebagai bank yang fokus dalam pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) secara nasional, BRI mengajak insan media untuk turut serta membangkitkan semangat UMKM Indonesia melalui karya-karya mereka.

Melalui tulisan, foto, maupun karya jurnalistik lainnya diyakini dapat membawa semangat optimisme bagi khalayak publik, terutama para pelaku usaha UMKM.

BRI Fellowship Journalism 2023 terbuka bagi reporter, fotografer, dan editor se-Indonesia yang ingin berkontribusi menyokong kebangkitan UMKM Indonesia melalui transformasi digital.

Calon pendaftar bisa mengirimkan karya jurnalistik-nya berupa artikel, foto, dan video dengan melampirkan satu buah link pemberitaan dengan tema "Kebangkitan UMKM Indonesia melalui Transformasi Digital" atau "Tanggung Jawab Sosial BRI untuk Negeri".

Naskah harus orisinil, tidak mengandung ujaran suku, agama, ras, antargolongan (SARA) dan pornografi, serta ditulis selama periode Januari-Februari 2023.

Seluruh persyaratan dikirimkan melalui website "https://bri.co.id/fellowshipjournalism" dengan periode pendaftaran mulai 1 - 28 Februari 2023, kemudian pengumuman hasil seleksi pada bulan Maret 2023, setelah itu "journalist on site": Maret-April 2023.

Pengumuman peraih beasiswa akan dilakukan pada Mei 2023. Hanya karya jurnalistik terbaik yang nantinya diikutkan dalam Journalist Schollarship.

Syarat khusus lainnya, yakni calon peserta merupakan jurnalis media, baik online, cetak, maupun elektronik se-Indonesia sudah mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) minimal sertifikasi wartawan muda.

Kemudian, bekerja di media yang terdaftar resmi di Dewan Pers, berusia maksimal 40 tahun pada 31 Januari 2023, dan mengisi formulir pernyataan kesediaan mengikuti program "journalist on site" selama dua bulan jika terpilih sebagai finalis.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement