Rabu 01 Feb 2023 09:09 WIB

Pojok Statistik UB Raih Penghargaan Badan Pusat Statistik

Perolehan nilai tertinggi diberikan karena keragaman kegiatan dan layanan statistik.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Rektor Universitas Brawijaya (UB), Profesor Widodo saat menerima penghargaan dari BPS RI di Jakarta.
Foto: Dok.Humas UB
Rektor Universitas Brawijaya (UB), Profesor Widodo saat menerima penghargaan dari BPS RI di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Pojok statistik Universitas Brawijaya (UB) Malang meraih penghargaan sebagai yang terbaik pertama dari Badan Pusat Statistik (BPS). Penghargaan diberikan oleh Kepala BPS RI, Margo Yuwono, kepada Rektor UB Prof Widodo di Jakarta, baru-baru ini.

Widodo mengucapkan rasa terima kasihnya atas kerja sama yang menguntungkan dengan BPS. Ia bersyukur mahasiswanya sudah mendapatkan manfaat dari BPS untuk melakukan KKN Desa di 57 desa/kelurahan. "Kita punya program membangun 1.000 desa di Jawa Timur," katanya.

Mantan dekan FMIPA itu mengatakan, BPS banyak memberikan dukungan terutama dalam membangun pangkalan database di desa melalui pendampingan dan pembinaan statistik. Selanjutnya, dia berharap UB dapat menjadi pusat pembangunan Indonesia ke depannya.

Pojok Statistik UB merupakan kolaborasi antara BPS Kota Malang dengan Fakultas Ekonomi (FE) dan UB. Program ini berdiri atas inisiasi dari dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), dekan FMIPA, dan kepala BPS Kota Malang. Pojok Statistik ini memperoleh dukungan dari FEB mulai dari fasilitas ruangan hingga berbagai kegiatan yang melibatkan mahasiswa

Pojok Statistik didirikan dengan tujuan untuk meningkatkan literasi statistik. Kemudian juga untuk mendekatkan layanan statistik di perguruan tinggi.

Sementara itu, Ketua Tim Pojok Statistik UB dari BPS Kota Malang, Tasmilah mengatakan, prestasi yang diraih oleh UB ini berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi. Kemudian juga berdasarkan pemaparan program kerja dan wawancara terhadap kegiatan yang dilakukan selama 2022.

Menurut Tasmilah, perolehan nilai tertinggi diberikan karena keragaman kegiatan dan pelayanan statistik. Di antaranya seperti konsultasi statistik, edukasi statistik, sebagai mitra pada program PKM Tematik FMIPA, dan mitra MBKM FEB.

Kemudian juga ada keterlibatan dalam dosen praktisi untuk mata kuliah statistika dan ekonometrika di FEB, serta berkontribusi pada program dosen berkarya. Lalu ada juga berpartisipasi dalam penilaian akreditasi program studi di lingkungan FEB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement