Rabu 01 Feb 2023 06:22 WIB

Absen Tiga Pekan, Hunter X Hunter Belum Dipastikan Kapan Kembali

Absennya serial tersebut disebut dikarenakan kondisi kesehatan Togashi.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Anime Hunter X Hunter
Foto: fanpop.com
Anime Hunter X Hunter

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Manga Hunter X Hunter yang baru saja kembali dengan chapter baru pada Oktober 2022. Kembalinya serial yang ditulis dan diilustrasikan oleh Yoshihiro Togashi tersebut menjadi berita besar mengingat sudah sekitar empat tahun manganya hiatus.

Beberapa chapter baru sudah dirilis di Weekly Shonen Jump. Namun, kabar buruk kembali ke telinga penggemar karena akhir Desember 2022 lalu serial tersebut kembali hiatus.

Setidaknya sudah tiga pekan serial Hunter X Hunter kembali hiatus dan absen dari Daftar Isi Mingguan Shonen Jump. Hingga saat ini, Weekly Shonen Jump belum dapat memastikan kapan Togashi akan kembali merilis chapter baru.

Absennya serial tersebut disebut dikarenakan kondisi kesehatan Togashi. Dalam pernyataan resmi Weekly Shonen Jump, Togashi menyampaikan bahwa ia tidak bisa mempublikasikan Hunter X Hunter sesuia jadwal mingguan.

 

"Terimakasih telah membaca Hunter X Hunter. Untuk publikasi chapter 401 dan setelahnya, kami telah berdiskusi dengan Togashi berkaitan dengan kondisi kesehatannya, dan hasilnya kami memutuskan untuk tidak mempublikasi serial Hunter X Hunter dalam format mingguan," kata Weekly Shonen Jump dalam keterangan resminya saat menginformasikan kembalinya Hunter X Hunter hiatus.

Meski begitu, Weekly Shonen Jump menyebut bahwa Togashi tetap akan melanjutkan chapter selanjutnya dari Hunter X Hunter. Namun, belum menginformasikan hingga kapan serial Hunter X Hunter itu absen.

"Togashi Sensei akan tetap menulis chapter selanjutnya, dan divisi editorial akan tetap mendukungnya hingga manga tersebut selesai. Tanggal pasti dan format publikasi akan disampaikan di kesempatan selanjutnya oleh Weekly Shonen Jump. Terimakasih karena tetap mendukung Hunter X Hunter," lanjut Weekly Shonen Jump.

Cerita dalam serial Hunter X Hunter masih berpusat pada Succession Contest Arc. Arc tersebut merupakan lanjutan dari chapter terakhir yang dipublikasikan Togashi sebelum memutuskan hiatus pada 2018 lalu.

Sebagai informasi, manga Hunter X Hunter muncul kembali di majalah Weekly Shonen Jump pada Oktober 2022 setelah bertahun-tahun hiatus. Serial Hunter X Hunter kembali mengisi halaman Weekly Shonen Jump dengan chapter baru yakni chapter 391 pada Oktober lalu.

Bersamaan dengan kembalinya manga Hunter X Hunter, volume baru yakni volume 37 dari manga versi cetaknya juga baru dirilis pada November 2022. Namun, volume 37 tidak berisi chapter baru yang dirilis di Oktober 2022, melainkan chapter sebelumnya yang belum sempat dicetak dalam bentuk volume.

Volume baru tersebut terdiri dari chapter 381 hingga chapter 390. Pasalnya, 10 chapter itu belum sempat diterbitkan setelah Togashi memutuskan absen menulis Hunter X Hunter di 2018.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement