Selasa 31 Jan 2023 19:02 WIB

Manajer KTM Racing Sambut Hangat Kembalinya Pol Espargaro

Pol Espargaro sangat senang bisa kembali ke tim lamanya.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
 Pembalap Spanyol Pol Espargaro.
Foto: AP/Achmad Ibrahim
Pembalap Spanyol Pol Espargaro.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah menjalani petualangan penuh tekanan bersama tim Repsol Honda, Pol Espargaro, kembali menandatangani kontrak bersama kubu KTM. Sang pembalap akan membela Tech3 GasGas Factory Racing pada musim MotoGP 2023 mendatang.

Manajer Ttim Red Bull KTM Factory Racing, Francesco Guidotti mengaku Espargaro sangat senang bisa kembali ke tim lamanya. Terlebih ia sempat menjalani masa sulit bareng tim berlogo sayap tersebut sejak 2021 lalu.

Baca Juga

"Ia sangat antusias untuk kembali dan mungkin menyadari bahwa membuat kesalahan dalam pilihan sebelumnya," kata Guidotti menjelaskan dilansir Crash.net, Selasa (31/1/2023).

Kembalinya rider berusia 31 tahun itu saling menguntungkan, dengan KTM mengakui kebutuhan pengendara dengan pengalaman mesin lain untuk mengangkat RC16 menjadi penantang gelar.

Espargaro membela tim pabrikan KTM selama empat musim, dan selama itu pula ia jadi rider utama. Alhasil, RC16 dikembangkan berdasarkan masukan dan gaya balapnya. Meski bakal membela GasGas, Espargaro akan tetap mengendarai RC16 pada 2023, dan ia sangat senang bisa reuni dengan motor itu.

Hanya Brad Binder yang tersisa dari susunan empat kuat tahun lalu, dengan Espargaro dan eks rider tim Ducati Jack Miller diharapkan dapat membawa pengalaman tentang tim dan mesin pabrik lainnya.

"Keduanya, Jack dan Pol, penting untuk pengalaman mereka. Keduanya akan membawa pengalaman, baik dan buruk dari berbagai merek dan itulah yang kami cari," sambung Guidotti.

Lebih lanjut Guidotti menyatakan peran Espargaro bakal cukup mirip dengan peran Johann Zarco dari Prima Pramac Racing di Ducati saat ini. Meski membela tim satelit, Zarco memang kerap diminta Ducati untuk menjajal berbagai perangkat baru sebelum dipakai oleh para rider Ducati Lenovo Team.

Aspek lain adalah kedua rider Espargaro serta Jack Miller sangat cepat di lap kualifikasi dan lap tunggal. Itu mengapa KTM menjadikan keduanya sebagai solusi permasalahan tim tahun lalu.

"Itu bukan hanya kesalahan pembalap, mungkin juga dari motor kami tidak mampu memberi dukungan yang dibutuhkan. Jadi kami berusaha untuk lebih memahami motor kami dengan segala cara," kata pria asal Italia.

Untuk diketahui Espargaro, Jack Miller, Fernandez, dan Brad Binder bakal kembali beraspal di lintasan pada tes pramusim MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang 10 hingga 12 Februari 2023. Tes kedua akan digelar pada 11 hingga 12 Maret 2023 di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal, yang juga akan menggelar seri pertama pada 24-26 Maret 2023 nanti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement