Rabu 01 Feb 2023 04:10 WIB

Biasa Minum Kopi Hitam? Tambahkan Campuran Ini untuk Dapatkan Khasiat Ekstra

Sebagian orang terbiasa minum kopi hitam di pagi hari.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Menyeduh kopi dengan metode manual brew (ilustrasi). Menambahkan susu ke dalam kopi hitam dapat membuat minuman tersebut menjadi lebih bermanfaat bagi kesehatan.
Foto: www.freepik.com
Menyeduh kopi dengan metode manual brew (ilustrasi). Menambahkan susu ke dalam kopi hitam dapat membuat minuman tersebut menjadi lebih bermanfaat bagi kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seperti apa kebiasaan minum kopi pagi Anda? Apakah lebih menyukai kopi hitam atau dengan tambahan susu?

Rupanya, tambahan susu dapat memberikan efek kesehatan pada kopi, menurut para ilmuwan. Kopi hitam biasanya kaya akan kandungan polifenol yang diketahui dapat mencegah kerusakan sel dan membantu harapan hidup seseorang agar lebih lama.

Baca Juga

Sementara itu, protein dari susu dapat menempel pada antioksidan dan membantu tubuh menyerap lebih banyak antioksidan. Eksperimen laboratorium oleh University of Copenhagen menemukan bahwa itu bisa menggandakan efektivitas polifenol.

Artinya, tambahan susu bisa menjadikan minuman kopi tersebut dua kali lebih baik dalam mengurangi pembengkakan berbahaya pada sel manusia. Pembengkakan atau dikenal sebagai peradangan (inflamasi), dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

 

Penulis penelitian Profesor Marianne Nissen Lund mengatakan studi menunjukkan bahwa ketika polifenol bereaksi, itu berpengaruh terhadap inflamasi dalam sel kekebalan jadi meningkat.

"Bisa dibayangkan dengan jelas bahwa itu juga dapat memberikan efek menguntungkan pada peradangan bagi manusia. Kami berharap dapat mempelajari efeknya pada manusia,” kata peneliti, dikutip dari The Sun, Selasa (31/1/2023).

Hal ini bisa jadi kabar baik bagi pecinta latte. Menurut laporan International Coffee Organization (ICO) pada 2020/2021, Indonesia menjadi negara dengan konsumsi kopi terbesar kelima di dunia.

Warga Inggris meminum 95 juta cangkir kopi setiap tahun alias 181 setiap menit. Studi telah menemukan kopi java mengurangi risiko penyakit jantung dan lever. Selain itu, kopi juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement