Senin 30 Jan 2023 20:30 WIB

Antusias Pelajar SMK Mengenal Dunia Broadcasting di BSI Digination

Para pelajar SMK dibawa lebih jauh mengenal proses produksi di dunia 'broadcasting'.

Para siswa/i SMK melihat secara langsung proses produksi di dunia broadcasting dalam kegiatan BSI Digination.
Foto: Dok. Universitas BSI
Para siswa/i SMK melihat secara langsung proses produksi di dunia broadcasting dalam kegiatan BSI Digination.

REPUBLIKA.CO.ID, CIKAMPEK -- Berkembangnya dunia pertelevisian di tanah air, membuat broadcasting menjadi salah satu bidang profesi yang sangat menjanjikan. Hal tersebut membuat perusahaan startup Digital Creative Center (DCC) atau Lab AlfaOne bekerja sama dengan Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sebagai kampus Digital Keatif mengadakan event BSI Digination.

Event BSI Digination kali ini mengajak siswa/i SMAN 2 Cikampek mengenal dunia penyiaran melalui narasumber dari CEO Digital Creative Center Ibnu Alfarobi, Head of BSI TV & Radio Muhammad Tsabit serta Photographer & Public Relation Suhardi. Berlangsung di Aula Universiitas BSI kampus Cikampek, kegiatan ini berjalan sukses, Jumat (27/1/2023).

Baca Juga

Dalam pemaparan materinya, Tsabit menyampaikan beberapa hal penting yang harus diketahui dalam dunia broadcasting. Ia mengatakan, penggunaan greenscreen pada studio yang akan menjadi tempat penyiaran menjadi salah satu hal yang penting dalam proses produksi.

“Fungsi greenscreen dalam dunia broadcasting ini memiliki fungsi yang sangat optimal. Dengan menggunakan greenscreen kita dapat meperkecil budget dalam persiapan studio yang akan kita pakai untuk siaran. Kita hanya membutuhkan kain hijau serta gambar atau video yang akan kita jadika sebagai background,” papar Tsabit dalam keterangan rilis, Senin (30/1/2023). 

Sementara, Ibnu menambahkan, keuntungan siswa/i dalam mengikuti workshop BSI Digination adalah hasil dari rekaman praktek ini bisa bermanfaat di dunia pekerjaan.

“Rekaman video siswa/i yang sedang praktik penyiaran berita atau podcast ini bisa diambil. Pasalnya hasil dari praktiek ini bisa siswa/i jadikan portofolio untuk daftar kuliah, pengajuan beasiswa kuliah, hingga melamar pekerjaan di bidang broadcasting,” ungkap Ibnu.

Agustian Hariatna selaku guru pembimbing SMKN 2 Cikampek yang mengikuti kegiatan BSI Digination ini mengaku cukup terkesan dengan kegiatan ini. Ia senang melihat siswa/i-nya yang sangat antusias mengikuti kegiatan BSI Digination ini terutama saat praktek langsung menjadi seorang reporter.

“Dari segi acara dari awal sampai akhir, BSI Digination ini sangat menarik dan asik diikuti oleh siswa/i saya. Mudah-mudahan setelah mengikuti rangkaian acara BSI Digination, siswa/i saya ini bisa mengimplementasikan ilmu yang meraka dapat ini dengan baik,” ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement