Selasa 31 Jan 2023 15:50 WIB

Hobi Manikur Kuku, Cek Ini Dulu

Ketika seseorang melakukan manikur kuku, biasanya ada proses paparan sinar UV.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Manikur kuku/ilustrasi
Foto: Unsplash
Manikur kuku/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Radiasi UV adalah karsinogen yang terbukti berbahaya untuk kulit manusia. Jika berlebihan, maka dapat menyebabkan karsinoma sel basal atau bentuk paling umum dari kanker kulit dan karsinoma sel skuamosa.

Ketika seseorang melakukan manikur kuku, biasanya ada proses paparan sinar UV. Hal ini menjadi sorotan para ahli.

Baca Juga

Dana Stern MD, dokter kulit bersertifikat sekaligus pendiri Dr. Dana mengatakan, ketika ditemukan lebih awal dan diobati secara efektif, kanker kulit yang umum akibat UV, biasanya dapat disembuhkan.

Lantas, bagaimana agar manikur aman untuk kulit? “Jika menggunakan tabir surya spektrum luas SPF 30, 30 menit sebelum paparan dengan sarung tangan tanpa ujung jari, maka Anda dapat sering menikmati manikur dengan UV selama kuku Anda dapat menolerirnya,” kata Dr Stern, dikutip dari laman Prevention, Selasa (31/1/2023).

Sebaliknya, jika seseorang tidak melindungi kulit, maka boleh lebih rentan terhadap risiko. Sinar UV dengan manikur selalu dapat menimbulkan risiko, menurut Mona Gohara MD profesor klinis dermatologi di Fakultas Kedokteran Yale University.

Lampu LED menimbulkan risiko yang lebih kecil, tetapi masih dapat menimbulkan beberapa potensi bahaya. Analoginya seperti merokok, bahwa semakin banyak melakukannya, kian berisiko pula bagi kesehatan seseorang.

Jika ingin memastikan tidak terjadi paparan, gunakan tabir surya, tutupi tangan dengan sarung tangan katun, atau hindari hal yang melibatkan perangkat ringan.

Pada dasarnya, setiap paparan sinar UV memiliki beberapa risiko, tetapi para ahli mengatakan bahwa lebih sedikit, lebih baik. "Tiga hingga empat kali setahun tentu lebih baik daripada setiap dua minggu, tetapi akan selalu ada risiko," kata Peterson Pierre MD, dokter kulit bersertifikat di Pierre Skin Care Institute.

Dr Stern mengatakan temuan ini tentu mengkhawatirkan, meski pengetahuan tentang paparan radiasi UV menyebabkan mutasi DNA pada kulit bukanlah hal baru. Telah diketahui bahwa radiasi UV adalah risiko yang terbukti untuk kanker kulit.

Karena itulah, dianjurkan untuk selalu memakai tabir surya saat keluar rumah, pakaian pelindung matahari, topi, duduk di tempat teduh dan idealnya melakukan pemeriksaan kulit secara teratur dengan dokter kulit bersertifikat. Dr Stern menambahkan saat ini, sulit untuk mengukur risiko paparan UV-A selama sesi manikur gel berulang.

Ada begitu banyak variabilitas sehubungan dengan jenis lampu, masa pakai bohlam, waktu pencahayaan, posisi kulit relatif terhadap cahaya, jenis kulit yang terpapar, dan frekuensi manikur.

“Kami tahu bahwa paparan berulang terhadap UVA bersifat mutagenik dan dapat menyebabkan kanker kulit, pertanyaannya tetap seberapa besar risiko yang ditimbulkan oleh manikur gel biasa,” kata dia.

Bagi siapa pun yang melakukan manikur gel UV, disarankan untuk melindungi kulit dengan pelindung UV seperti sarung tangan khusus serta tabir surya spektrum luas yang dioleskan 30 menit sebelum manikur gel. Kuncinya adalah tabir surya berspektrum luas untuk melindungi dari sinar UVA. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement