Senin 30 Jan 2023 17:51 WIB

Peduli Anak Berkebutuhan Khusus, Sinergi Foundation Bekali Para Amil Terkait Edukasi ABK

Sinergi Foundation menggandeng dokter spesialis neurologi anak terkait edukasi ABK.

Sinergi Foundation menggelar diskusi bersama Dokter Spesialis Neurologi Anak dari Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung yang dilaksanakan secara daring pada Senin (30/1/2023). Diskusi tersebut membahas mengenai Cerebral Palsy, Down Syndrome, dan Epilepsi yang diikuti oleh perwakilan para amil Sinergi Foundation.
Foto: Dok. Sinergi Foundation
Sinergi Foundation menggelar diskusi bersama Dokter Spesialis Neurologi Anak dari Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung yang dilaksanakan secara daring pada Senin (30/1/2023). Diskusi tersebut membahas mengenai Cerebral Palsy, Down Syndrome, dan Epilepsi yang diikuti oleh perwakilan para amil Sinergi Foundation.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sinergi Foundation menggelar diskusi bersama Dokter Spesialis Neurologi Anak dari Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung yang dilaksanakan secara daring pada Senin (30/1/2023). Diskusi tersebut membahas mengenai Cerebral Palsy, Down Syndrome, dan Epilepsi yang diikuti oleh perwakilan para amil Sinergi Foundation. 

Dalam kesempatan tersebut, Dokter Spesialis Neurologi Anak dr Mia Milanti Dewi, SpA(K), MKes, mengatakan, terkait Cerebral Palsy, Down Syndrome, dan Epilepsi, para amil bisa memberikan edukasi kepada para orang tua yang memiliki Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dalam merawat anaknya tersebut. Menurutnya, hal pertama yang dapat dilakukan terkait intervensi kepada para orang tua, yaitu dengan memberikan edukasi.

Baca Juga

Kemudian, dilanjutkan dengan melakukan diskusi bersama dokter. Selanjutnya, bisa meminta bantuan secara medis sesuai permasalahan masing-masing, dan jangan pernah menjanjikan bahwa penyakit tersebut bisa sembuh.

Mia mengatakan, orang tua dan penderita hanya bisa berikhtiar. Namun, secara pengobatan sudah bisa tercover oleh keberadaan BPJS, hanya saja yang biasanya menjadi masalah para keluarga pasien adalah jarak tempuh ke fasilitas kesehatan yang menyediakan layanan untuk anak berkebutuhan khusus.

“Terkait dengan hal tersebut, hal pertama yang dapat dilakukan ialah dengan memberikan edukasi kepada orang tua terkait dengan apa yang di derita oleh anaknya. Dan baiknya juga diskusi dengan para Dokter. Dalam merawat anaknya orang tua harus mengerti secara lengkap terkait dengan ilmunya,” ujar Mia. 

Terkait dengan nutrisi yang harus diberikan kepada para penderita, Mia mengatakan bahwa memberikan penjelasan terkait dengan pemberian nutrisi yang baik juga dibutuhkan bagi para penderita. Dalam pemberian nutrisi harus sesuai dengan kadar kalori yang sudah dikonsultasikan dengan ahli gizi. 

"Apabila rendah akan menyebabkan kurang nutrisi dan kalau berlebih akan membebani jantung,” kata Mia. 

Mia mengungkapkan, saat ini intervensi yang dilakukan oleh para pekerja sosial untuk membantu memenuhi kebutuhan para penderita Anak Berkebutuhan Khusus masih sedikit. “Intervensi yang dilakukan oleh pekerja sosial yang ada saat ini masih terbatas, jadi perlu kerjasama antar para pihak termasuk peran para komunitas dengan anak berkebutuhan khusus dan Lembaga Amil Zakat,” ungkapnya.

Diharapkan dengan adanya diskusi yang dilakukan ini akan menambah ilmu dan wawasan para amil Sinergi Foundation sebagai optimalisasi bantuan anak nerkebutuhan khusus. Dengan demikian, pemberian bantuan yang dilakukan akan sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing penderita. 

Saat ini Sinergi Foundation memiliki program untuk membantu para penderita anak berkebutuhan khusus di antaranya penderita Cerebral Palsy, Down Syndrome dan Epilepsi. Bantuan yang diberikan berupa sembako untuk pemenuhan nutrisi sehari-hari bagi para penderita, terapi kesehatan, serta layanan mobil sehat untuk mengantarkan pasien yang memerlukan bantuan operasional.

Sinergi Foundation (SF) merupakan lembaga filantropi yang mengelola dana Wakaf, Zakat, Infak-Sedekah, serta dana sosial lainnya melalui program inovasi sosial pemberdayaan. Dalam penyaluran dana ziswaf yang terhimpun, Sinergi Foundation memiliki beberapa program di bidang pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi, dan sosial.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement