Senin 30 Jan 2023 11:31 WIB

Percepat Proses Pemulihan Cedera, Djokovic Pakai Jasa Dokter yang Pernah Tangani Ronaldo

Djokovic sukses menambah koleksi trofi juara turnamen Grand Slam-nya menjadi 22 kali.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Petenis putra asal Serbia, Novak Djokovic (tengah) merayakan bersama timnya termasuk ibunya, Dijana, kedua dari kiri, setelah mengalahkan Stefanos Tsitsipas dari Yunani pada final tunggal putra kejuaraan tenis Grand Slam Australia Terbuka di Melbourne, Australia, Ahad, (29/1/2023) dini hari WIB.
Foto: AP Photo/Ng Han Guan
Petenis putra asal Serbia, Novak Djokovic (tengah) merayakan bersama timnya termasuk ibunya, Dijana, kedua dari kiri, setelah mengalahkan Stefanos Tsitsipas dari Yunani pada final tunggal putra kejuaraan tenis Grand Slam Australia Terbuka di Melbourne, Australia, Ahad, (29/1/2023) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Petenis asal Serbia, Novak Djokovic, sukses menambah koleksi trofi turnamen Grand Slam usai menjadi yang terbaik di Australian Open 2023. Di partai final Australian Open 2023, Djokovic mengalahkan petenis asal Yunani, Stefanos Tsitsipas, 6-3, 7-6, 7-6, Ahad (29/1/2023) waktu setempat.

Ini menjadi gelar juara ke-22 Djokovic di turnamen Grand Slam. Dengan torehan ini, Djokovic menyamai koleksi trofi Grand Slam milik petenis asal Spanyol, Rafael Nadal. Djokovic dan Nadal berbagi tempat sebagai petenis dengan koleksi trofi turnamen Grand Slam terbanyak sepanjang sejarah.

Baca Juga

Kendati begitu, upaya Djokovic untuk bisa merengkuh titel Australian Open 2023 tidaklah mudah. Petenis berusia 35 tahun itu sempat mengaku mengalami cedera hamstring pasca-ambil bagian dalam turnamen Adelaide International, sebelum akhirnya terjun di Australian Open 2023.

Saat tampil pada fase awal Australian Open 2023, Djokovic pun sempat meminta beberapa kali timeout lantaran mengalami masalah di bagian hamstring. Namun, Djokovic akhirnya mampu tampil prima dan berhasil menyingkirkan petenis asal Australia, Alex de Minaur, di putaran keempat. Pun saat sukses mengalahkan Andrey Rublev di babak perempat final.

Djokovic ternyata meminta bantuan Marijana Kovacevic untuk mengatasi cedera hamstring yang dialaminya. Marijana Kovacevic merupakan dokter spesialis olahraga, yang menangani sejumlah atlet terkenal, termasuk pesepak bola.

''Djokovic diketahui menerbangkan secara khusus Marijana Kovacevic untuk memulihkan kondisi dan mempercepat proses pemulihan cedera hamstring selama gelaran Australian Open 2023,'' tulis laporan Express, Senin (30/1/2023).

Dokter asal Serbia itu diketahui sempat menangani Cristiano Ronaldo kala tampil di putaran final Piala Eropa 2016. Saat itu, pengoleksi lima gelar pemain terbaik dunia (Ballon d'Or) sempat dikabarkan mengalami cedera hamstring. Usai mendapatkan perawatan dari Kovacevic, Ronaldo bisa pulih dengan cepat dan akhirnya membawa Portugal meraih titel Piala Eropa 2016.

Selain Ronaldo, Kovacevic juga dilaporkan sempat menangani mantan bintang Barcelona dan Arsenal, Alexis Sanchez, dan bintang Manchester United, Robin van Persie. Tidak hanya itu, Kovacevic juga membantu pemain asal Israel, Youssi Benayoun, kala mengalami cedera saat memperkuat Liverpool.

Benayoun pun mengungkapkan, Kovacevic memiliki metode tersendiri untuk bisa mempercepat proses pemulihan akibat cedera hamstring.

''Dia menjelaskan semuanya. Dia akan menggunakan cairan dari plasenta. Tidak obat atau injeksi secara langsung ke dalam otot. Ini hanya mengoleskan cairan tersebut ke daerah yang mengalami cedera dan biarkan obat itu bekerja,'' kata Benayoun seperti dilansir Express.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement