Sabtu 28 Jan 2023 18:19 WIB

Demokrat Dukung Anies, Sudirman Said: Syarat 20 Persen Kursi Semakin Dekat

PKS diharapkan segera mengikuti jejak Nasdem dan Demokrat.

Tim kecil dari Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggelar pertemuan tertutup dengan bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan di kediamannya, Jakarta, Jumat (27/1/2023).
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Tim kecil dari Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggelar pertemuan tertutup dengan bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan di kediamannya, Jakarta, Jumat (27/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Koalisi Perubahan yang terdiri dari Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dinilai semakin solid. Hal tersebut ditunjukkan dengan makan siang bersama tim kecil yang terdiri dari Sugeng Suparwoto, Willy Aditya, Tengku Riefky, Sohibul Iman, dan Sudirman Said di Pendopo Anies Baswedan, Jakarta Selatan, Jumat (27/1/2023). 

Makan siang ini juga menjadi pertemuan pertama usai Partai Demokrat menyatakan akan mengusung Anies Baswedan sebagai bakal Capres pada Pemilu 2024.

"Siang hari ini kami berkumpul makan siang bersama dengan teman-teman partai koalisi dari Nasdem, Demokrat dan PKS Ini adalah obrolan rutin yang berlangsung terus menerus, banyak hal yang dibicarakan terkait beberapa update, suasananya guyub, suasanya makin solid, dan suasana siap untuk bergerak bersama," kata Anies.

Menurut anggota tim kecil, Sudirman Said menjelaskan pihaknya menyambut baik langkah Partai Demokrat karena itu akan membuat syarat Presidential threshold dapat terpenuhi. 

"Tentu yang paling baru kita ketahui bahwa kemarin Ketum Demokrat AHY telah mengeluarkan rilis resmi mendukung pencalonan Bapak Anies Baswedan itu sebagai progres karena dengan begitu kita sudah mendekati 20 persen tinggal satu lagi insya Allah teman dari PKS menyusul," ucap Sudirman Said.

Sudirman juga menjelaskan bahwa ketiga Partai Politik bersepakat memberi kepercayaan kepada Bakal Calon Presiden untuk memilih calon pasangannya.  “Ini semua merupakan dinamika yang patut disyukuri," tuturnya.

Sejalan dengan Sudirman Said, Tengku Riefky yang juga merupakan anggota tim kecil dari Partai Demokrat berharap Partai Keadilan Sejahtera segera mengikuti jejak Nasdem dan Demokrat untuk segera mendeklarasi dukungan. Sehingga harapannya akan membentuk simpatisan baik di level partai maupun grassroot.

"Alhamdulillah Ketum (AHY) menyampaikan posisinya secara terang benderang terkait mengusung Pak Anies, harapan kami 3 partai segera menandatangani dukungan untuk Pak Anies, ini terus kami dorong karena deklarasi 20persen sehingga bisa segera diglorifikasi rakyat yang mendukung perubahan," jelasnya

Sementara itu, menurut Sohibul Iman anggota tim kecil dari PKS mengatakan bahwa PKS mengapresiasi langkah dari Partai Demokrat dan sampai saat ini pihaknya sedang dalam untuk mematangkan dukungan melalui proses internal partai.

"Saya apresiasi kepada partai Demokrat yang ketumnya sudah menyampaikan sikap dukungan terhadap Pak Anies, seperti sudah disampaikan itu masalah deklarasi partai per partai tergantung proses internal masing-masing partai dan kami menghormati hak tersebut," paparnya.

"Saya pastikan PKS dukung Pak Anies karena saya terus di Tim Kecil ini dan saya merupakan utusan resmi partai, jadi kalau saya terlibat di tim ini maka artinya kami tetap mendukung pak Anies," ujarnya. Dalam kesempatan tersebut tim kecil juga bersepakat untuk mempersiapan deklarasi bersama pada waktunya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement