Sabtu 28 Jan 2023 06:05 WIB

Harganya Fantastis, Ini Sejumlah Figur Publik Pemakai Obat Diabetes Ozempic

Ozempic ramai dipakai untuk menurunkan berat badan dengan efek samping berbahaya.

Ozempic ramai dipakai untuk menurunkan berat badan dengan efek samping berbahaya.
Foto: freepik
Ozempic ramai dipakai untuk menurunkan berat badan dengan efek samping berbahaya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Obat untuk diabetes, Ozempic dan Wegovy, telah menjadi perbincangan hangat di Hollywood. Dengan harga fantastis, sebagian besar orang kaya dan terkenal menggunakan obat ini untuk menurunkan berat badan.

Abe Malkin, dokter yang bekerja di Los Angeles, melihat orang membayar 1.300 dolar AS atau hampir Rp 20 juta per bulan untuk obat Wegovy. Sejumlah figur publik Hollywood telah berbicara tentang penggunaan Ozempic dan Wegovy. 

Baca Juga

Seperti Elon Musk dan Komedian Chelsea Handler yang mengaku pernah mengonsumsi obat ini untuk membantu menurunkan berat badan. Khloe Kardashian, baru-baru ini juga dituduh menyalahgunakan Ozempic atau Wegovy, dengan tulisan warganet di salah satu unggahan Instagramnya karena terlihat mengalami perubahan berat badan yang drastis. 

Sementara itu, bintang "Real Housewives of New Jersey" Jackie Goldschneider mengecam Ozempic, secara blak-blakan menggambarkannya sebagai gangguan makan dalam suntikan jarum.

Membeludaknya popularitas obat ini di Hollywood telah berdampak bagi penderita diabetes yang membutuhkan obat tersebut. "Ini benar-benar membuat frustrasi banyak pasien diabetes," kata Gregory Dodell, Dokter Central Park Endocrinology, New York, AS, dilansir dari New York Post, Jumat (27/1/2023).

Dia menjelaskan, karena kurangnya pasokan obat itu, beberapa pasien diabetesnya harus menunggu beberapa bulan sebelum resep mereka diisi ulang, menyebabkan kemunduran kesehatan fisik dan mental. Pabrikan Novo Nordisk, yang memproduksi Wegovy dan Ozempic, sempat menulis di situs webnya akhir bulan lalu, akan ada sedikit atau bahkan tidak ada pasokan sama sekali mulai awal Mei 2022.

Sementara itu, Scott Kahan, Direktur National Center for Weight and Wellness di Washington DC, menggambarkan Wegovy sebagai obat yang hebat. Namun, penggunaan yang salah dapat berbahaya.

"Ini bukan obat ajaib, menggunakannya seperti orang kurus yang ingin kehilangan beberapa kilogram lagi untuk menjelang pernikahan itu tidak pantas," Ujar Scott.

Ia menambahkan, diabetes dan obesitas adalah kondisi medis. Sementara menggunakan obat ini secara berlebihan tidak bijaksana secara medis pula.

"Untuk orang yang kelebihan berat badan 50 kilogram, ini adalah obat yang tepat," imbuh Scott.

Banyak selebritas Hollywood merasa terbantu dengan Ozempicmendapatkan tubuh impian. Namun, tiba-tiba wajah mereka terlihat lebih tua.

Ahli Dermatologi, Paul Jarrod Frank bahkan menciptakan istilah 'wajah Ozempic' untuk menggambarkan pengempisan dan kendur yang dapat terjadi pada wajah setelah penurunan berat badan menggunakan obat diabetes ini.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement