Jumat 27 Jan 2023 17:51 WIB

Citilink Aktifkan Kembali Rute Jakarta-Blora

Maskapai Citilink kembali membuka rute penerbangan Jakarta menuju Blora.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Ahmad Fikri Noor
Pesawat Citilink rute Jakarta-Blora kembali mendarat di landasan pacu Bandara Ngloram, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Jumat (27/1/2023).
Foto: Dok.Republika
Pesawat Citilink rute Jakarta-Blora kembali mendarat di landasan pacu Bandara Ngloram, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Jumat (27/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BLORA -- Untuk kali pertama, setelah pandemi Covid-19, maskapai Citilink kembali membuka rute penerbangan Jakarta, Halim Perdanakusuma menuju Blora pada Jumat (27/1/2023). Penerbangan perdana ini sekaligus juga menandai dibukanya kembali bandara di Kabupaten Blora, Jawa Tengah yang operasionalnya sempat terhenti akibat lonjakan kasus Covid-19 di Tanah Air, beberapa waktu lalu.

Direktur Utama Citilink, Dewa Kadek Rai mengungkapkan, dibukanya rute Jakarta-Blora ini tidak lepas dari dukungan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Bupati Blora Arif Rochman serta DPR.

Baca Juga

“Berkat dukungan gubernur, bupati, teman- teman di DPR dan semua stakeholder terkait, operasional penerbangan Citilink ke Blora hari ini dapat berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Ia mengatakan, layanan penerbangan Jakarta-Blora ini sempat terhenti akibat merebaknya pandemi Covid-19 yang berdampak diterbitkannya kebijakan pembatasan berbagai kegiatan masyarakat. Maka, mulai hari ini, maskapai Citilink kembali melayani penerbangan rute Jakarta-Blora bersamaan dengan dibukanya kembali operasional Bandara Ngloram.

“Alhamdulillah, hari ini kami terbang kembali ke Blora, setelah beberapa bulan kami sempat libur namun hari ini adalah hari yang sangat berbahagia,” tegas Dewa yang ikut serta dalam penerbangan ke Blora.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang sengaja datang untuk menyambut kedatangan penumpang di Bandara Ngloram menyampaikan apresiasi kepada Bupati Blora yang telah mengupayakan agar Bandara Ngloram kembali beroperasi. Meski baru satu maskapai yang membuka rute, gubernur optimistis, ke depan animo masyarakat untuk menggunakan jasa transportasi udara di bandara ini akan semakin meningkat.

“Sekarang ini, PPKM sudah dicabut oleh Presiden (Joko Widodo), maka banyak event yang harus dibuat agar penerbangan dari Bandara Ngloram, Blora ini bisa rutin, tidak hanya dua kali seminggu. Harapannya bisa setiap hari,” ungkapnya.

Ganjar menyampaikan, Bandara Ngloram didesain puluhan tahun dengan harapan dapat mendukung akses berbagai aktivitas di Blok Cepu sekaligus juga memberikan alternatif akses yang lebih cepat, selain moda transportasi yang sudah ada.

“Alhamdulillah, hari ini kita tingkatkan lagi upayanya dengan memulai kembali penerbangan Jakarta-Blora. Semoga menjadi Jumat barokah layanan penerbangan ini,” ujar Ganjar.

Menurut orang nomor satu di Jawa Tengah itu, butuh kerja sama dari seluruh daerah yang ada di sekitar kawasan Bandara Ngloram. Sehingga, nantinya akan terlaksana beragam agenda atau acara yang melibatkan orang banyak, tidak hanya dari Blora saja. Contohnya, wisata olahraga beraraf nasional maupun internasional. Sehingga, nanti bisa membangun ekosistem yang ada di sekitar bandara.

Sementara itu, Bupati Blora, Arif Rochman mengaku senang karena akhirnya Bandara Ngloram bisa kembali beroperasi setelah pandemi Covid-19 semakin terkendali. Guna menjaga keterisian penumpang, Pemkab Blora akan menggandeng pemkab yang ada di sekitar Kabupaten Blora untuk menciptakan pasar yang bagus terlebih dahulu.

“Makanya, hari ini kami juga mengundang perwakilan pemerintah daerah lain, seperti Bojonegoro, Tuban di Jawa Timur serta Rembang kemudian dari Pati dan Grobogan di Jawa Tengah,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement