Jumat 27 Jan 2023 07:28 WIB

Distan Banten Minta Petani Optimalkan Penggunaan Pupuk Organik

Pemprov Banten akan beri stimulus bantuan pupuk organik kepada 516 ribu hektar sawah

 Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Banten meminta petani mengoptimalkan pembuatan dan pemakaian pupuk organik. (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Muhammad Bagus Khoirunas
Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Banten meminta petani mengoptimalkan pembuatan dan pemakaian pupuk organik. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Banten meminta petani mengoptimalkan pembuatan dan pemakaian pupuk organik. Ini karena kuota pupuk bersubsidi, khususnya jenis NPK, untuk Provinsi Banten pada 2023 ini hanya mencukupi 47 persen dari kebutuhan.

"Dengan kekurangan yang diterima petani ini, kami harus kompensasikan dengan pupuk organik," kata Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten Agus M Tauchiddi Serang, Kamis (26/1/2023).

Baca Juga

Namun demikian, kata dia, permasalahan di lapangan menunjukkan bahwa pemakaian pupuk organik di kalangan petani juga sangat beragam. Untuk itu, kata dia, saat ini pihaknya tengah menggalakkan satu jenis pupuk organik bernama Biosaka. Menurutnya, pupuk organic Biosaka ini memiliki keunggulan dalam menangani hama dan dalam hal efisiensi pemakaiannya.

"Kami sedang galakkan biosaka, menangani hama, dan efektivitasnya dibanding pupuk kimia," kata Agus.

 

Diungkapkan Agus, kebutuhan pupuk subsidi jenis NPK di Banten tahun ini sebanyak 120 ribu ton karena setiap satu hektarenya dibutuhkan sedikitnya 3 kuintal pupuk NPK. Sementara alokasinya dari pemerintah pusat hanya 56 ribu ton.

"Hanya memenuhi 47 persen kebutuhan," katanya.

Terkait kekurangan kuota itu, kata Agus, selain mendorong petani untuk bisa secara swadaya membuat atau mengadakan sendiri pupuk organik, Pemprov Banten sendiri akan memberikan stimulus berupa bantuan pupuk organik jenis Biosaka untuk sekitar 516 ribu hektar lahan sawah.

Selain itu, kata Agus, stimulus kepada petani itu juga akan diberikan berupa bantuan pupuk organik cair untuk sekitar 100 ribu hektare lahan sawah. "Anggarannya sedang kita hitung," katanya.

Agus mengatakan kekurangan kuota pupuk bersubsidi tahun ini untuk Banten sebetulnya juga terjadi untuk jenis pupuk urea. Namun demikian kekurangan untuk jenis pupuk urea ini masih bisa ditanggulangi.

Provinsi Banten tahun ini mendapatkan kuota pupuk urea sebanyak 111 ribu ton untuk kebutuhan sebanyak 400 ribu hektare lahan sawah.

"Kalau sebelumnya urea 2 kuintal untuk satu hektar, sekarang 1 kuintal. Itu masih bisa," katanya.

Untuk diketahui, kuota pupuk bersubsidi untuk Banten tahun ini adalah untuk urea berturut-turut dari yang terbanyak Kabupaten Pandeglang 37.916 ton, Kabupaten Lebak 29.644 ton, Kabupaten Serang 25.225 ton, Kabupaten Tangerang 14.626 ton, Kota Serang 3.459 ton dan Kota Cilegon 573 ton.

Berikutnya untuk jenis NPK berturut-turut adalah Kabupaten Lebak 18.869 ton, Kabupaten Pandeglang 18.564 ton, Kabupaten Serang 10.647 ton, Kabupaten Tangerang 5.982 ton, Kota Serang 1.902 ton dan Kota Cilegon 317 ton.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement