Jumat 27 Jan 2023 07:13 WIB

Lima Hal yang Harus Dilakukan Ketika Kehilangan Ponsel

Segera hapus data ponsel dari jarak jauh saat ponsel hilang.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Indira Rezkisari
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi keamanan ketika ponsel hilang di tempat umum.
Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi keamanan ketika ponsel hilang di tempat umum.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Semua dapat dilakukan dari ponsel saat ini, baik itu melakukan pembayaran, memeriksa laporan bank, mengabadikan momen kehidupan yang singkat, menyimpan informasi penting, atau apa pun yang mungkin Anda perlukan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun ponsel cerdas memiliki kelebihan, sangat menegangkan ketika perangkat itu hilang, misalnya di transportasi umum seperti taksi.

Jika Anda kehilangan ponsel saat bepergian dengan taksi misalnya, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengendalikan kerusakannya.

Baca Juga

Hapus data dari jarak jauh

Meskipun tidak diragukan lagi bahwa hilangnya nilai ponsel Anda dapat merugikan kantong Anda, data yang ada di dalamnya bahkan lebih berharga dan dapat disalahgunakan jika jatuh ke tangan yang salah. Namun kabar baiknya adalah data perangkat ini dapat dihapus dari jarak jauh.

Dilansir dari India Today, Jumat (27/1/2023), untuk pengguna iPhone, Anda dapat menggunakan fitur temukan perangkat dengan mengunjungi iCloud.com dan menghapus data dari perangkat yang dipilih. Sementara untuk ponsel Android yang memiliki akun Google yang ditautkan ke perangkat, fitur Find My Device diaktifkan secara otomatis dan dapat digunakan untuk menghapus data. Kunjungi android.com/find untuk menggunakan fitur ini.

Lacak telepon

Melacak ponsel menjadi lebih mudah dengan fitur seperti Find My Device untuk ponsel Android dan fitur Find My Iphone untuk iPhone Apple. Namun, Anda hanya dapat melihat lokasi perangkat jika sedang daring. Jika perangkat luring, ia akan menampilkan lokasi terakhir perangkat sebelum dimatikan.

Lindungi informasi perbankan

Meskipun semua aplikasi net banking memiliki pin keamanan dan lain-lain, Anda tidak boleh terlalu mengandalkannya. Seseorang yang memiliki ponsel Anda masih dapat menggunakan informasi pribadi Anda dan masuk ke akun Anda. Oleh karena itu, lebih baik untuk mengubah semua kata sandi net banking Anda. Dalam hal ini, jika kata sandi net banking Anda disimpan secara otomatis saat berbelanja dan lain-lain, kata sandi itu tidak valid.

Jika Anda telah menuliskan informasi sensitif seperti PIN ATM, kode sandi net banking dan lain-lain di suatu tempat di ponsel Anda, hubungi bank Anda dan beri tahu mereka.

Ganti kata sandi media sosial

Media sosial, di masa sekarang, dapat digunakan untuk mengutak-atik identitas seseorang, melakukan penipuan, dan lain-lain. Oleh karena itu, ubah semua kata sandi media sosial Anda dan pastikan Anda keluar (logout) dari semua perangkat agar tetap aman dari ancaman itu.

Blokir kartu SIM

Berbagai transaksi memerlukan verifikasi OTP. Oleh karena itu, untuk menghindari OTP jatuh ke tangan yang salah, hubungi penyedia jaringan Anda dan blokir kartu SIM Anda sesegera mungkin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement