Ahad 27 Jan 2013 05:23 WIB

Mau Jadi Vegetarian? Coba Cari Tahu Dulu

Daging untuk vegetarian
Foto: Time
Daging untuk vegetarian

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Vegetarian adalah istilah untuk menyebut seseorang yang hanya makan  sayuran. Secara umum, mereka memilih untuk menghindari produk makanan yang berasal dari hewan meskipun ada beberapa jenis vegetarian yang masih mamasukkan produk turunan hewani kedalam menu mereka. Berikut adalah jenis-jenis vegetarian yang populer.

1.Vegan

Jenis vegetarian yang sangat ketat. Kelompok ini tidak mengonsumsi semua produk hewani termasuk susu dan telur. Mereka hanya mengonsumsi buah dan sayur. Bukan itu saja, kelompok vegan juga sangat anti terhadap produk hewan, seperti madu, pakaian dari kulit hewan, dan produk-produk kosmetik yang berasal dari hewan.

2.Lacto Vegetarian

Kelompok lacto vegetarian tidak seketat kelompok vegan dalam hal mengonsumsi makanan. Selain sayur dan buah, kelompok ini masih mengonsumsi susu dan produk turunan dari susu seperti keju dan yoghurt.

3.Lacto-ovo Vegetarian

Hampir sama dengan kelompok lacto vegetarian, kelompok lacto-ovo vegetarian juga menambahkan telur dan susu, serta produk turunan dari susu seperti mentega, keju, dan yoghurt, ke dalam menu mereka.

4.Pesca Vegetarian

Selain mengonsumsi produk nabati sebagai makanan pokok, kelompok pesca vegetaraian juga mengonsumsi ikan tetapi menghindari produk hewani lainnya seperti daging ayam dan daging sapi.

5.Flexitarian

Kelompok ini dapat di sebut sebagai kelompok vegetarian terendah karena selain mengonsumsi produk nabati sebagai bahan makanan pokok, terkadang mereka juga mengonsumsi produk hewani, seperti daging sapi, daging unggas, dan ikan.

6.Frutarian

Sesuai namanya, kelompok vegetarian merujuk pada seseorang yang hanya mengonsumsi buah-buahan, kacang-kacangan, dan tanaman lain yang di panen dari tanaman tanpa merusak atau merugikan tanaman itu sendiri sebagai makanan pokoknya.

7.Raw Foodist

Raw foodist merujuk pada seseorang yang hanya mengonsumsi makanan tanpa proses pematangan atau tanpa memasaknya terlebih dahulu. Kelompok ini percaya bahwa mengolah makanan di atas di atas 46 derajat celcius akan melenyapkan enzim makanan. Bahkan dalam tingkat tertentu, makanan yang di masak dapat membahayakan tubuh.

Raw foodist dikenalkan oleh seorang ahli biokimia asal filandia, Arturi Virtanen yang menemukan bahwa, ketika kita mengunyah makanan yang tidak di masak, enzim dalam makanan tersebut akan dilepaskan di mulut. Enzim tersebut akan saling melengkapi enzim yang diproduksi tubuh manusia saat mencerna makanan.

Itulah beberapa jenis vegetarian yang telah populer di seluruh penjuru dunia termasuk di indonesia. Ternyata banyak pilihan untuk menjadi seorang vegetarian. Bagaimana dengan pilihan Anda?

Penulis: Richo Alda Pratama -- Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

sumber : UMJ
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement