Selasa 10 Jan 2023 17:52 WIB

Sama Seperti di Belgia, Roberto Martinez Siap Atur Ego Para Bintang Portugal

Martinez memiliki pengalaman enam tahun menangani tim bertabur bintang.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Mantan pelatih timnas Belgia, Roberto Martinez, kini resmi membesut timnas Portugal.
Foto: EPA-EFE/ANTONIO PEDRO SANTOS
Mantan pelatih timnas Belgia, Roberto Martinez, kini resmi membesut timnas Portugal.

REPUBLIKA.CO.ID, LISBON -- Pelatih baru timnas Portugal Roberto Martinez sangat tertarik mencari solusi tentang peran apa yang akan dimainkan oleh kapten tim Cristiano Ronaldo di bawah kepelatihannya. Martinez memiliki pengalaman enam tahun menangani tim bertabur bintang yakni Belgia namun ia gagal mempersembahkan gelar.

Piala Dunia 2022 adalah karier terakhirnya di timnas Belgia setelah tersingkir di babak penyisihan grup. Dan dengan cepat Portugal memilihnya untuk menggantikan Fernando Santos.

Baca Juga

Di skuad Portugal juga tak jauh beda dengan Belgia yakni diisi oleh pemain-pemain papan atas seperti Bernardo Silva, Bruno Fernandes, Goncalo Ramos, Rafael Leao, dan Joao Felix.

Martinez mencoba mencapai kesuksesan bersama skuad bintang Portugal. Prestasi yang tak pernah ia dapatkan bersama pemain berbakat Belgia.

Martinez juga berpengalaman menjadi pelatih klub bersama Wigan Athletic dan Everton. Bersama Wigan ia memenangkan Piala FA saat mengalahkan Manchester City di partai final berkat gol sundulan Ben Watson.

Martinez memiliki tugas memimpin dan mengatur generasi emas Portugal sekaligus mengambil keputusan soal masa depan Ronaldo. Pertandingan pertama Portugal di bawah asuhannya kemungkinan terjadi pada Maret 2023 melawan Leichtenstein di Lisbon dan Luksemburg di kualifikasi Piala Eropa 2024.

Martinez lalu menjawab berbagai pertanyaan apakah akan memanggil Ronaldo. Martinez mengatakannya jawabannya ada di lapangan. Sebab ia mengaku bukan pelatih yang pekerjaannya seperti orang di kantoran yakni keputusan diambil di atas meja.

"Titik awal saya adalah bertemu mereka semua hari ini, untuk menghubungi semua pemain,” kata Martinez dilansir dari Marca, Selasa (10/1/2023).

Martinez mengatakan daftar 26 pemain Portugal di Piala Dunia 2022 adalah titik awal referensinya dan Ronaldo ada di dalamnya. Menurutnya, Ronaldo layak mendapatkan penghormatan karena telah 19 tahun membela tim nasional.

Martinez menambahkan, ia juga telah mempunyai gagasan yang jelas tentang struktur dan peran staf pelatih. Ia akan mengumumkannya dalam beberapa hari ke depan. Ia mengakui akan membawa asisten pelatih asal Portugal dan mantan pemain timnas Portugal.

"Dia akan menjadi penting bagi staf pelatih dan akan memberi kami akselerasi untuk sepak bola Portugal. Saya tidak percaya pada sistem. Saya pikir Anda harus mengeluarkan bakat untuk memenangkan pertandingan,” jelas Martinez.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement