Senin 02 Jan 2023 17:52 WIB

FTI Universitas Nusa Mandiri Sukses Gelar Talkshow Menulis Artikel di Media Massa

Talkshow digelar untuk meningkatkan minat menulis artikel pada media massa.

rogram Studi (prodi) Sistem Informasi, Informatika dan Sains Data Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) sukses menyelenggarakan kegiatan talkshow menulis artikel popular ilmiah pada media massa.
Foto: Dok. Universitas Nusa Mandiri (UNM)
rogram Studi (prodi) Sistem Informasi, Informatika dan Sains Data Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) sukses menyelenggarakan kegiatan talkshow menulis artikel popular ilmiah pada media massa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Program Studi (prodi) Sistem Informasi, Informatika dan Sains Data Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) sukses menyelenggarakan kegiatan talkshow menulis artikel popular ilmiah pada media massa dengan tema 'Kiat Jitu Artikel Popular Pada Media Massa'.  Acara ini sukses digelar pada Kamis (22/12/2022) pukul 09.00-12.00 WIB di Aula Universitas Nusa Mandiri (UNM) kampus Jatiwaringin.

Prodi yang ada dilingkungan FTI UNM ingin berupaya meningkatkan kualitas SDM dengan membangun talenta digital untuk meningkatkan literasi digital serta menumbuhkan minat menulis artikel populer pada media massa. Talkshow ini menghadirkan dua narasumber, yakni Hartini Setia Ningrum, Reporter tvonenews.com dan Muhammad Rifqi Firdaus, Pemimpin Redaksi milenianews.com.

Baca Juga

Hartini Setia Ningrum dalam pemaparan materinya menyampaikan bahwa dalam menulis artikel populer harus dari minat atau hobi. Hal ini akan membantu untuk memudahkan kalian dalam menentukan tema artikel.  

“Tema artikel tersebut diturunkan ke outline artikel dengan memerhatikan komponen 5W+1H dengan bertujuan agar mendapatkan gambaran apa saja yang akan dibahas. Kemudian judul juga harus menarik dengan tips menggunakan tanda tanya/tanda seru, memakai kata kunci disertai dengan gambar sebagai informasi pendukung,” paparnya dalam materi yang disampaikan.

Sementara itu, narasumber kedua Muhammad Rifqi Firdaus mengatakan bahwa agar artikel dapat dimuat di media massa harus memilih tema yang relevan dengan minat atau bidang kompetensi. Kemudian, tentukan sikap dari tema atau masalah yang dibahas yakni bagian mana yang pro dan kontra serta memberikan solusi dan saran. 

“Menentukan tema yang sedang aktual dari bidang INFOKOM saat ini diantaranya kuliah hybrid setelah Covid-19 berubah jadi endemik, Perang Melawan Hoax, Bersiap Menyambut Era 5.0, dan masih banyak sekali yang lainnya,” terangnya.

Hadir pada acara Talkshow ini, Dekan Fakultas Teknologi Informasi, Anton, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa mengenai kemampuan literasi digital. Kemudian, juga memberikan tips menulis artikel popular pada media massa dengan tema INFOKOM.  

“Sehingga, nantinya dapat memberikan dampak dan kontribusi terhadap perkembangan teknologi di lingkungan civitas akademika Universitas Nusa Mandiri (UNM) serta masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement