Senin 02 Jan 2023 12:00 WIB

Jelang Vs Filipina, Ini Skenario Agar Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF 2022

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong optimistis bisa membawa skuadnya ke semifinal.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Para pesepak bola timnas Indonesia berlatih menjelang laga lanjutan Grup A Piala AFF di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, Ahad (1/1/2023). Indonesia akan menghadapi Filipina pada laga terakhir babak grup, Senin (2/1/2022), yang akan menentukan kelolosan tim ke semifinal.
Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Para pesepak bola timnas Indonesia berlatih menjelang laga lanjutan Grup A Piala AFF di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, Ahad (1/1/2023). Indonesia akan menghadapi Filipina pada laga terakhir babak grup, Senin (2/1/2022), yang akan menentukan kelolosan tim ke semifinal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia gagal memastikan lolos ke semifinal lebih cepat setelah ditahan imbang 1-1 oleh Thailand pada matchday ketiga Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (29/12/2022). Selanjutnya, skuad Garuda akan melakoni laga pamungkas grup melawan Filipina, Senin (2/1/2023).

Laga tersebut akan menjadi penentu bagi tim asuhan Shin Tae-yong untuk bisa lolos ke babak semifinal. Saat ini, Thailand dan Indonesia sama-sama mengoleksi tujuh poin di papan atas klasemen Grup A, tapi Thailand lebih unggul dalam selisih gol. Sementara itu, urutan ketiga dihuni Kamboja yang memiliki enam poin. Adapun Filipina menduduki peringkat keempat dengan catatan tiga poin.

Baca Juga

Dengan satu laga yang tersisa, Filipina dipastikan telah kehilangan kesempatan untuk lolos ke empat besar bersama Brunei Darussalam yang tenggelam di dasar klasemen dengan nol poin. Hanya tiga tim di Grup A yaitu Thailand, Indonesia, dan Kamboja yang punya peluang yang sama untuk mengamankan tiket semifinal Piala AFF 2022.

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong mengaku optimistis bisa membawa Indonesia maju ke babak selanjutnya. Hal itu didasari dengan peluang yang memang besar bagi Indonesia untuk lolos. Kendati demikian, untuk lolos sebagai juara grup, Indonesia wajib menang besar dengan selisih gol melampaui Thailand yang pada pertandingan pamungkasnya akan melawan Kamboja di hari yang sama.

"Tidak usah khawatir, kami harus menang," kata Shin seperti dikutip dalam laman resmi PSSI, Senin (2/1/2023).

Berikut skenario agar timnas Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2022:

• Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2022 jika menang atas Filipina.

• Indonesia lolos semifinal sebagai juara Grup A jika menang atas Filipina, sedangkan Thailand gagal mengalahkan Kamboja.

• Indonesia tetap lolos semifinal Piala AFF 2022 jika imbang lawan Filipina, dengan syarat Thailand kalah dari Kamboja (Indonesia runner-up, Kamboja juara grup).

• Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2022 jika kalah dari Filipina, asalkan tidak kalah lebih dari tiga gol, sedangkan laga Thailand vs Kamboja berakhir imbang.

• Jika Kamboja bisa menekuk Thailand dan Indonesia kalah dari Filipina, Indonesia bisa lolos ke semifinal Piala AFF 2022 sebagai runner-up dengan catatan Thailand kalah dengan skor lebih besar dari Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement