Kamis 22 Dec 2022 15:28 WIB

Unismuh Palu Komitmen Wujudkan Kampus Unggul, Islami, dan Berkemajuan

Inovasi dan strategi terus didorong yakni melalui kerja penelitian.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Rektor Unismuh Palu, Rajindra, mengisi acara talk show
Foto: Dokumen
Rektor Unismuh Palu, Rajindra, mengisi acara talk show

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Universitas Muhammadiyah (Unismu) Palu terus berupaya untuk menjadi perguruan tinggi yang unggul, Islami, dan berkemajuan. Hal ini sesuai dengan gerakan dakwah Muhammadiyah yakni berlandaskan nilai-nilai Islam berkemajuan.

Rektor Unismuh Palu, Rajindra mengatakan, derap berkemajuan Muhammadiyah di bidang pendidikan hadir hingga Indonesia bagian timur, yakni Sulawesi Tengah. Kehadiran Unismuh Palu menjadi salah satu wujud dan tanggung jawab Muhammadiyah untuk pemerataan pendidikan di seluruh wilayah di Indonesia.

"Kehadiran universitas ini tentu sebagai salah satu wujud komitmen dan tanggung jawab Muhammadiyah untuk umat, bangsa dalam memenuhi hak masyarakat menerima ilmu dan pendidikan," kata Rajindra, Kamis (22/12/2022).

Rajindra menyebut, pasca-gempa, tsunami, dan likuifaksi yang terjadi di Palu beberapa waktu lalu, Unismuh Palu terus melakukan inovasi dan strategi. Hal ini guna menjadikan Unismuh Palu untuk lebih dikenal secara nasional maupun internasional.

Inovasi dan strategi yang terus didorong yakni melalui kerja penelitian, untuk menghasilkan riset terapan. Yang tentunya sesuai kebutuhan masyarakat luas, dan selanjutnya menjadi rujukan pemerintah dalam mengeluarkan kebijakan pembangunan daerah.

"Keunggulan lain yang dicanangkan oleh Unismuh Palu yakni pembelajaran dan pengabdian masyarakat yang berwawasan Islami," ujar Rajindra.

Selain itu, Unismuh Palu juga terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan dan prestasinya sebagai salah satu Perguruan Tinggi Muhammadiyah-'Aisyiyah (PTMS). Salah satunya dengan mendorong dosen untuk studi lanjut ke jenjang yang lebih tinggi.

Dosen, katanya, juga didorong untuk aktif dalam penulisan artikel ilmiah yang terindeks Scopus. Begitu pun dengan pengabdian ke masyarakat oleh dosen maupun mahasiswa, juga terus ditingkatkan.

"Pengabdian dosen dan mahasiswa ke masyarakat dilakukan dengan penuh inovasi, dengan melibatkan muatan lokal. Seperti pemanfaatan jahe yang dikemas dengan JaheMU dan pembuatan kursi rotan, pembuatan arang tempurung kelapa untuk membantu menambah pendapat masyarakat," jelasnya.

Rajindra menyebut, dari berbagai upaya yang dilakukan dan strategi yang terus dikembangkan, membuat Unismuh Palu meraih berbagai prestasi. Mulai dari mendapatkan penghargaan sebagai perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik dari 32 PTS di Sulawesi Tengah, pelaksana Program Kampus Merdeka Belajar terbanyak se-Sulawesi Tengah, pembuatan laporan pendidikan tinggi terbaik, hingga PTS dengan kinerja terbaik.  

Dari berbagai prestasi yang sudah didapatkan, menjadi motivasi bagi Unismuh Palu untuk terus memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat luas.

"Ini adalah hasil kerja bersama semua civitas akademika Unismuh Palu sebagai sebuah tim kolosal yang solid, dengan cita-cita yang sama mengantarkan kampus ini sebagai perguruan tinggi yang unggul dalam pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berwawasan Islam pada 2025," tegas Rajindra.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement