Senin 19 Dec 2022 23:43 WIB

Pendaftaran Jelajah Cycling Series Minang 2023 Resmi Dibuka

pihaknya ingin menjaga api semangat masyarakat Minangkabau.

Bersepeda (ilustrasi)
Foto: Piqsels
Bersepeda (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para pecinta bersepeda diajak menikmati trek olahraga di Sumatra Barat dalam kegiatan Jelajah Cycling Series Minang 2023. Kegiatan yang ini diinisiasi oleh Jelajah Sport ini akan diselenggarakan pada 4 Maret 2023, dengan pendaftaran telah dibuka saat ini.

Jelajah Cycling Series Minang 2023, ini merupkan lisensi dari Union Cycliste Internationale (UCI), induk organisasi sepeda di seluruh dunia. Itu sebabnya, event ini memiliki nama resmi UCI Gran Fondo – Jelajah Cycling Series Minang 2023. Sejauh ini tidak banyak event lomba balap sepeda yang melibatkan komunitas memiliki lisensi UCI.

Baca Juga

Lomba balap sepeda dalam UCI Gran Fondo—Jelajah Cycling Series Minang 2023  terbagi dalam delapan kategori, antara lain Men Elit 19 tahun ke atas, Junior 17 tahun (17-18 tahun), Open (19-29 tahun), Master A (30-39 tahun), Master B (40-49 tahun), Master C (50-59 tahun), Women Elite (19 tahun) dan Women Master (30 tahun ke atas).Setiap kategori mendapatkan 10 pemenang. Total hadiah yang disiapkan panitia sebesar Rp 502,5 juta.

Total jarak yang ditempuh sejauh 112 kilometer, yang ma a start dilakukan di Kota Padang, dan finish di Istana Pagaruyung. Lomba tanjakan dilakukan di Sitinjau Louik, dan lomba spint atau kecepatan dilakukan di tepi Danau Singkarak. 

Lomba balap sepeda ini mengikuti standar yang ditententukan UCI.

Biaya pendaftaran sebesar Rp 1.750.000. Dengan biaya sebesar itu, peserta akan mendapatkan jersey terbaik, cap, medali, asuransi dan refreshment yang sangat baik selama perjalanan.     

"Mengapa dilakukan di Minangkabau? Karena Sumatera Barat termasuk wilayah yang sudah sangat ramah terhadap kegiatan balap sepeda bertaraf Internasional. Di sana, selama bertahun-tahun terselenggara Tour de Singkarak," 

"Jelajah Cycling Series diadakan untuk menciptakan wadah perlombaan yang baik sehingga dapat menciptakan pembinaan untuk atlet sepeda kita dan sekaligus mengenal keragaman Indonesia, sesuai dengan nama kami Jelajah," kata Co Founder Jelajah Sport Pipin Purnawan, Senin (19/12/2022).

Ia mengatakan, pihaknya ingin menjaga api semangat masyarakat Minangkabau terhadap aktivitas bersepeda tersebut. Kehadiran para peserta dan pendukung di wilayah itu tentu akan terjadi pergerakan ekonomi baik melalui penyelenggaraan event maupun belanja yang dilakukan peserta dan panitia. Hal ini otomatis membantu pemerintah menghidupkan sektor pariwisata dan ekonomi nasional.

 

Daftar kegiatan, UCI GrandFondo - Jelajah Cycling Series Minang :

a.      Start:  KOREM 32 – Wirabraja, Kota Padang  

b.      Finis:  Istano Basa Pagaruyung – Tanah Datar 

c.       Jarak:  Jarak Tempuh 117 KM dengan COT 6 Jam

d.      Proyeksi peserta 500 orang

e.      Waktu Pelaksanaan: 4 Maret 2023

Untuk menjadi peserta event UCI GrandFondo - Jelajah Cycling Series Minang 2023,  dengan mengakses jelajahcyclingseries.id, selamat berlomba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement