Jumat 16 Dec 2022 03:53 WIB

Dukungan Warga Afrika untuk Timnas Maroko

Maroko telah membuat seluruh benua Afrika.

Fan Maroko menonton pertandingan semifinal Piala Dunia FIFA 2022 antara Maroko dan Prancis di restoran Maroko di pasar Souq Waqif, di Doha, Qatar,  Kamis (15/12/2022) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/MARTIN DIVISEK
Fan Maroko menonton pertandingan semifinal Piala Dunia FIFA 2022 antara Maroko dan Prancis di restoran Maroko di pasar Souq Waqif, di Doha, Qatar, Kamis (15/12/2022) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Warga Maroko pada Rabu (14/12/2022) menyambut pencapaian bersejarah tim nasional (timnas) sepak bolanya di Piala Dunia Qatar 2022 meski harus takluk 0-2 dari juara bertahan Prancis pada laga semifinal. Tak hanya warga Maroko, warga Benua Afrika juga mendukung sepak terjang timnas Maroko.

"Maroko telah membuat seluruh benua ini bangga," kata Sidibey Zoumana, asal Pantai Gading, yang telah tinggal di negara itu sejak 2018. "Saya telah menyaksikan kemajuan mereka seolah-olah itu adalah negara saya sendiri."

Baca Juga

Dari Pantai Gading ke Senegal, kesuksesan timnas itu telah mentransformasi wajah dari Maroko. "Mereka membuktikan bahwa tim Afrika bisa maju dan benar-benar bersaing," kata Said Mohssine (48 tahun) seusai pertandingan.

Bagi yang lain, laga itu sedikit berbau politik karena datang di tengah pertikaian diplomatik antara Paris dan Rabat atas masalah Sahara Barat yang selalu diperdebatkan.

Beberapa penggemar sangat kecewa karena maskapai nasional Royal Air Maroc terpaksa membatalkan penerbangan tambahan untuk para fan ke Qatar hanya beberapa jam setelah mengumumkannya.

Mereka yang sudah tiba di negara Teluk itu juga tidak mendapat tiket yang telah dijanjikan. Beberapa menuduh staf federasi sepak bola Maroko membagikan tiket yang dimaksud kepada teman dan keluarga mereka.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement