Rabu 14 Dec 2022 14:19 WIB

Pelatih Asal Prancis Ini Dukung Maroko Saat Kontra Prancis di Semifinal Piala Dunia 2022

Maroko dianggapnya sekelompok pemain dan negara yang mencintai sepak bola.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Arab Saudi asal Prancis, Herve Renard.
Foto: AP/Francisco Seco
Pelatih timnas Arab Saudi asal Prancis, Herve Renard.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Herve Renard, pelatih Arab Saudi saat ini, dan mantan pelatih Maroko, mendukung Maroko dalam pertandingan semifinal Piala Dunia 2022 Qatar melawan Prancis, Kamis (15/12/2022) dini hari WIB. Dalam wawancara dengan RMC, seperti dilansir Football News France, pelatih Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) itu dengan tegas menyatakan dukungannya kepada Maroko.

"Saya orang Prancis, saya memiliki paspor Prancis, tetapi saya akan mendukung Maroko," kata Renard dikutip dari Football News France, Rabu (14/12/2022).

Baca Juga

Saat melatih Atlas Lions, julukan Maroko, pelatih Prancis itu menghentikan absennya Maroko selama 20 tahun dari Piala Dunia dengan membawanya ke kualifikasi pada 2017 untuk Piala Dunia 2018 di Rusia. Ia juga mendapatkan penghargaan CAF Coach of the Year ketiganya untuk tahun 2018.

Renard berbicara tentang waktunya bersama klub dan pengalamannya dengan orang-orang Maroko.

"Saya mengalami petualangan yang fantastis dengan sekelompok pemain dan negara yang mencintai sepak bola, mereka sangat bangga, mereka pantas mendapatkannya. Mereka memiliki begitu banyak semangat yang bisa berlebihan, tetapi hari ini itu adalah penghargaan yang luar biasa," jelas Renard.

Renard menjelaskan bahwa dukungan penonton Maroko dikombinasikan dengan tekanan pada Prancis untuk menang akan menjadi faktor besar dalam hasil pertandingan. 

Telah dilaporkan bahwa akan ada 40.000 lebih suporter Maroko yang hadir dibandingkan dengan perkiraan 4.000 suporter Les Bleus saat kedua tim berhadapan di semifinal. Pelatih Prancis Didier Deschamps telah menyadari tekanan yang akan dialami Prancis dalam pertandingan nanti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement